Friday, 20 September 2013

BERKREASI DENGAN KAIN FLANEL - MEMBUAT MINIATUR PETERNAKAN

  

   HuLLaaa..,
hari ini aku mau ngajak kamu berkreasi dengan kain flanel. nah, jadi ceritanya semester lalu aku itu ada tugas akhir semester buat media pembelajaran tematik dengan tema hewan. aku berencana buat sebuah minatur peternakan. nah, hewan-hewannya aku beli yang udah jadi. tapi yang jadi masalah, aku tu ga tau mesti beli dimana. aku tau di  toko mainan pasti banyak yang jual. tapi aku males banget pergi belinya. akhirnya aku dapet ide buat hewan-hewannya itu dari kain flanel.
yaudah deh.., akhirnya aku pergi beli bahan-bahan yang aku butuhkan.

bahan-bahan :
1. Styrofoam  2.Kain Flanel   3. Stik es krim warna-warni  4. Stik es krim biasa    5. Benang Wol    6.Benang jahit aneka warna     7.Gunting   8.Pisau      9. Lem Kambing   10. Lem UHU
 11. kapas dakron   12. kertas Origami
                                   

 

 


 
                      

   Nah.., udah tau kan bahan-bahan dan alat yang digunakan. sekarang tinggal bagaimana cara aku membuat sebuah miniatur peternakan. aku ga punya foto-foto cara membuatnya karena udah terhapus di memori hp yang kena virus. jadi aku kan menceritakan aja bagaimana cara membuatnya. 

cara membuat miniatur peternakan : 

1. Pertama aku gambar dulu bentuk-bentuk atau pola hewan yang ingin aku buat. dan hewan yang ingin aku buat itu domba, ayam, dan sapi. untuk membuat pola ayam aku gambar dulu bentuk badannya, membuat ayam paling mudah karena kita hanya perlu membuat bentuk badan yang menyatu dengan kepala. lalu menggambar pola jambulnya dan sayapnya. 

2. Setelah itu cetak di kain flanel gunting menurut pola. jahit pinggirannya dan isi dakron didalamnya. ket: kain flanel warna putih untuk induk ayam dan warna kuning untuk anak ayam, sedangkan untuk jambulnya menggunakan kain berwarna merah. beri sedikit potongan kain berwarna hitam untuk mata. dan potongan segitiga kecil untuk mulutnya. jadi dehh.., 

3. Lalu untuk membuat sapi sedikit lebih rumit. kita menggambar terpisah untuk bagian kepala dan badannya. setelah itu gambar pola di kain flanel. jahit pinggiran nya dan isi dengan kapas dakron. untuk badan dan kepala sapi berwarna putih, kita hanya perlu menambahkan corak berwarna hitam dipunggungnya, lalu untuk bagian kepala kita gunting sedikit kain flanel berbentuk segitiga kecil lalu tempel dibagian telinga, selanjutnya gunting kain flanel warna kuning berbentuk lonjong dan tempelkan dibagian wajah. untuk membuat hidung. bisa kita jahit dengan menggunakan benang berwarna hitam. dan untuk bagian ekor, gunting kainflanel bagian putih memanjang kecil, lalu rekatkan dengan sedikit kain flanel berwarna hitam. dan tempel dibagian belakang sapi. 

4. Dan hewan terakhir yang akan dibuat adalah domba. buat pola badan terlebih dahulu, lalu pola kepala domba. gunting kain flanel sesuai pola. jahit dan isi dakron didalamnya. untuk badan domba berwarna putih dan kepala domba berwarna hitam. untuk membuat kaki kita hanya perlu menempelkan guntuingan kain berwarna hitam kecil seperti pola huruf "L". dan kini hewan-hewan sudah siap.

        Untuk membuat peternakannya, aku menggunakan styrofoam berwarna hijau. aku membuat pagar dengan menggunakan stik es krim berwarna hijau, stik eskrim di belah dua terlebih dahulu lalu direkatkan seperti bentuk pagar. setelah itu ditancapkan di pinggiran styrofoam tetapi dengan menggunakan lem uhu agar lebih kokoh, jangan terlalu banyak memberi lem karena dapat merusak styrofoam. setelah itu membuat rumah-rumahan untuk ayam dengan meggunakan stik es krim yang tidak berwarna. 
      Lalu memberi sedikit aksen taman dengan menggunakan ranting bunga bougenvil , ranting di potong ujung-ujungnya dan direkatkan disudut styrofoam sehingga tampak seperti pohon yang sudah gugur karena tidak memiliki daun. lalu membuat bangku taman dengan menggunakan ranting kecil kira-kira dengan panjang 3 cm. selanjutnya membuat kandang sapi dengan menggunakan stik berwarna ungu dan orange, sama seperti membuat pagar stik juga dibelah dua. lalu tinggal membuat pagar dan tempat makan ayam dengan menggunakan tusuk gigi yang telah di belah menjadi dua bagian dan stik es krim tidak berwarna. dan terakhir tinggal membuat papan keterangan dari stik es krim dan kertas origami. hewan-hewan siap dikandangkan.. 

ini dia peternakannya..

aku dan media pembelajaran tematik ku

     Jadi setelah tugas mata kuliah itu sisa bahan-bahan membuat peternakan itu masih banyak. lalu aku iseng-iseng buat hiasan dinding dikamar., aku membuat bentuk-bentuk hewan dari kain flanel. ada katak, sapi, lebah, ayam, dan juga kumbang kepik. aku juga membuat 4 huruf untuk namaku "TARI". mau lihat hasilnya?



 

   and than.. aku juga belajar buat boneka kecil dari kain flanel. aku lihat tutorialnya di internet. lalu pelan-pelan aku belajar, dan berhasil. jadilah sepasang boneka couple. aku tambahin besi pengait diatas kepala bonekanya sehingga jadi seperti gantungan kunci. tadinya itu aku buat untuk someone. tapi ga jadi. karena udah terlanjur kecewa ( hihihi ) jadinya aku kasih ke temenku anak teater lkk (bg ari & mahni).


ini dia bonekanya.

    Selain hewan-hewan dan boneka aku juga buat beberapa gantungan kunci dari kain flanel dengan bentuk berbeda-beda,tkantung handphone, dan lain sebagainya. tapi gambarnya ga bisa aku upload karena aku ga sempat fotoin benda-benda itu. okay deh sampai disini dulu semoga bisa menjadi inspirasi buat kamu-kamu.



-tarycheallic

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me