Saturday, 19 October 2013

Olah Vokal 2 : the kentut's Three

     

     Hari ini mengecewakan.. bagaimana tidak? aku udah kasih info berulang-ulang kalo hari ini rapat. tapi tetep ajah yang datang cuma dikit. aku udah bilang wajib dan tolong konfirmasi. tapi tetep ajah ga ada konfirmasi dari sebagian orang. untunglah masih ada hal-hal lucu yang tersisa dari hari ini untuk sekedar menjadi bahan penghibur diri. hari ini aku masuk minggu kedua ngajar teater di SD. setelah sebelumnya, alias minggu lalu aku belum ada cerita bagaimana siswa/i yang harus aku ajar. bagiku mereka lebih cocok dikategorikan sebagai anak monyet rabies lepas yang kelaperan. kenapa?
karena mereka itu hiperaktifnya naudzubillah.. bandel-bandel kali. mereka ga seperti anak-anak SD biasa yang pernah aku temui selama ini. mereka bener-bener lain dari yang lain. luar biassaaa..

   jadi hari ini materi ajarnya tentang olah vokal 2. kak haikal buat konsep apa yang akan kami ajarkan. seperti biasa mereka dibagi menjadi dua kelompok besar. teater A dan Teater B. aku ngajar di teater A. pertama-tama kita ajak mereka untuk membentuk lingkaran. sebelum melafalkan vokal mereka diajarkan bagaimana cara bernafas yang baik dalam berteater dengan menggunakan pernafasan perut. tangan berada pada perut, untuk memastikan bahwa udara yang dihirup disimpan dibagian perut lalu dihembuskan dengan cara mendesis seperti ular, begitu seterusnya tetapi setelah beberapa saat hembusan diganti menjadi vokal a, i, u, e, dan o. kita ajak mereka untuk saling berkompetisi dengan temannya. dengan cara siapa yang bisa bernafas atau mengeluarkan vokal yang panjang dalam satu tarikan nafas. selanjutnya kita mengajak mereka duduk dengan punggung tegak.. tetap membentuk lingkaran lalu, mengeluarkan vokal tetapi dengan ekspresi. hal ini bertujuan sekalian melatih artikulasi. jadi vokal A dilafalkan dengan ekspresi bahagia, vokal I dengan eksprsei geram, vokal U dengan ekspresi sedih, vokal E dengan ekspresi menahan marah, dan vikal O dengan eksprsei terkejut. setelah paham masing dari mereka dibentuk menjadi lima kelompok kecil. yakni kelompok a,i,u,e, dan o. lalu masing-masing kelompok saling berkompetisi menunjukan ekspresi vokal kelompoknya. terakhir saya mengajak mereka untuk menirukan bentuk-bentuk huruf dengan menggunakan tubuh sambil meneriakan vokal dari masing-masing bentuknya.

     mungkin ketika belajar dengan anak smp, sma, atau sd biasa.. akan jauh lebih mudah. namun karena yang diajarkan anak sd hiperaktif. semua terasa benar-benar menguji kesabaran dan suara saya. hal lucu yang selalu menjadi perhatian saya adalah. sebenarnya anak-anak yang bandal itu adalah mereka yang pintar-pintar dan cerdas. dan umumnya mereka laki-laki. ada beberapa anak yang namanya selalu saya ingat. arif, raja, adam, yusuf dan adit. mereka adalah gangsternya. super duper bandal dan hiperaktif. ada salah seorang namanya arif noval. nah dia adalah pencetus gang the kentuts three.. heaakk aku bener-bener ga bisa nahan tawa,. sewaktu dia bilang. ceritanya minggu lalu aku juga buat beberapa kelompok. jadi temanya penyanyi. dan dia dengan inisiatif sendiri membuat nama bandnya the kentut's three. kali lain aku akan ambil pict tentang anak langka ini. seperti yang aku bilang. arif ini anaknya pintar. tetapi suka usil sama temennya. dia jarang mau melakukan sesuatu yang biasa. dia hanya akan melakukan sesuatu yang kira-kira menarik perhatiannya. jadi aku harus menggunakan segala cara untuk bisa menarik perhatiannya.

    berinteraksi dengan anak-anak SD memang rumit dan menguji kesabaran. namun terkadang semua kerumitan itu justru menjadi tantangan tersendiri bagiku. bagaimana caranya menakhlukan hati mereka, membuat perhatian mereka tertuju padaku. itu benar-benar suatu tantangan. dan pengalaman berharga.

pulang dari SD aku sama kak haikal kesanggar setelah sebelumnya beli makan dulu. menunggu peserta rapat. 1 jam, 2 jam, 3 jam, 4 jam, akhirnya cuma 7 orang anggota biasa yg datang dengan 1 BPH dan 1 alumni. rapat pun dibatalkan. kesal. tapi aku bisa apa? akhirnya dari pada aku mati dengan kesetresanku aku menggila dengan kak mun dan beberapa lainnya. kami sibuk berfoto-foto gak jelas. dan satu foto yang benar-benar membuat kantong ketawa ku hampir musnah adalah....

ini dia pict nya.. ( perhatikan makhluk astral disebelah kiri saya )

  
hahahhahaa.. benar-benar mengocok perut. ga lama kak akbar dateng. lanjut kembali ngebahas tentang amuk teater. dan aku tidak membahas itu disini. otakku udah cukup setres memikirkan itu.

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me