Friday, 25 October 2013

Parade Teater : Temu teater Mahasiswa Nusantara XI

     Dear sahabat cheallic..
Tahun ini acara temu teater mahasiswa nusantara diadakan di medan loh.., acaranya itu diikuti oleh kelompok-kelompok dan komunitas teater kampus se-indonesia. dan aku baru punya kesempatan nontonnya dari hari rabu kemarin. hari itu ada 3 pementasan. tapi aku hanya bisa nonton dua pementasan. itu dari TEATER BORNEO, TARAKAN KALIMANTAN dan TEATER OASE PADANG. sebelum pementasan dimulai aku sibuk ngerjai tugas amuk. aku ketemu sama bang rian anak tetaer serunai laut. kami ngobrol-ngobrol dan dia minta sor tali yang aku ikat di tas ku. yawdah aku kasih ajah sebagai kenang-kenangan dari medan. owh iyah., yong zae datang. dia nemenin aku nonton hari itu.

* pementasan dari teater borneo berjudul " kutipan maut ". pementasan ini banyak menuai komentar dan kritikan pedas dari para penonton. mulai dari setting panggung sampai lakonnya.

*pementasan kedua yang aku tonton berjudul " hilangnya singa betina " dari teater oase padang. pementasan ini lumayan tidak membuat ngantuk. walaupun aku agak kurang mengerti. mereka mencoba menggabungkan realis dan suryalis. ceritanya kurang memiliki keterkaitan satu dengan yang lain.

     Hari kamis, aku nonton bareng putri. kami datangnya terlambat sewaktu pementasan dari SALINGKA TEATER (SATE) PADANG udah mau habis. aku melihat settingannya. keren. mereka mengubah panggung menjadi sebuah tempat pemukiman kumuh. sambil menunggu setingan untuk pementasan selanjutnya, aku sama putri iseng-iseng keluar dari gedung utama, niat awalnya sih mau beli minum. ehh malah foto-foto dan berburu accesories batak. kami ketemu sama dua orang anak dari teater sate padang. kami manggilnya sponge bob dan patrick. yang kami lihat mereka selalu kemana-mana berdua. hahhaha.. dan mereka sangat ramah.

waktu kami kembali masuk ke gedung utama, ternyata settingan panggungnya belum selesai. kami duduk didalam. tiba-tiba ada pemberitahuan tentang pementasan mini di lorong kecil dekat pintu masuk samping gedung utama. pementasan dari purwokerto. judulnya " matinya mesin tik ". bayangkan.., lorong kecil sebagai pintu masuk samping gedung utama disulap menjadi bioskop mini. dan suasananya benar-benar HOT. alias pengap dan super duper panas. naskah nya membuat haru.

selesai nonton pementasan mini dari purwokerto aku sama puput langsung pergi ke kost nya kak fatia. karena ada acara syukuran wisudanya dia. nyampe sana udah ada eva, faqot, ripa,suci. kami makan dan ngobrol-ngobrol sampai maghrib habis itu langsung balik ke taman budaya untuk nonton pementasan dari TEATER ART JAKARTA. pementasannya cukup menghibur. dengan judul "dilarang menyanyi dikamar mandi".
malam itu aku nginep dirumah puput.

dan hari ini aku datang ke taman budaya lagi. aku udah janji sama kak mira mau nonton pementasan TEATER NOL ACEH. judulnya maryam. katanya pementasannya habis sholat jum'at. ya tadinya aku pikir sekitar jam setengah 2 atau jam 2. eh, ternyata jam tiga mulainya. karena aku laper. jadi ngajak kak mira dulu untuk nemenin aku makan di gerbang belakang TBSU. gak lama jessika datang. aku memang nyuruh dia datang ketaman budaya. selesai makan kami langsung masuk ke gedung utama, ternyata lagi ada workshop pelajar tentang berteater. pematerinya kak raudah jambak. trus, puput datang. kami jadi berempat. jam 4 kurang pementasannya pun dimulai. judul nya " maryam ". naskahnya bagus. [erpindaan settingnya juga bagus. ceritanya tentang seorang wanita yang dulunya sangat cantik dan dipuja banyak pria namun karena salah pilih membuat hidupnya hancur dan dia menjadi gila.

selesai pementasan aku, puput, sama jessika pergi kesanggar. banyak hal yang mau dikerjakan disana. disanggar ada wirda, ari, ria, sama ripa. hujan. UKM sunyi. kami lagi buat nomor peserta untuk amuk. jam 6 lewat aku, ripa, sama jessi pulang.

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me