Friday, 18 October 2013

Pesona Edelweis.



   Dear Bloggies.. hari ini aku pengen ngebahas soal bunga. bunga apa tu rii? yaakk.. ini bunga yang katanya lambang cinta abadi. namanya Edelweiss. udah pernah denger? kalo belom aku pengen ngatain.. katrok banget sih looo.. hahahhaha. aku penasaran banget sama satu tumbuhan endemic ini. mau denger cerita dan info dari berbagai sumber yang aku dapet? check this out.

  Nah.. sahabat cheallic.. dari sumber yang aku baca sebenarnya yang dinamakan bunga edelweiss atau edelweiss yang asli itu bukan yang tumbuh di indonesia. jadi edelweis yang asli itu adalah bunga leontopodium yang hanya hidup di pegunungan Alpen. biasa disebut everlasting flower. nah, kalo yang di indonesia namanya edelweis jawa. nama latinnya Anaphalis Javanica. tapi mau gimana lagi orang indonesia udah terlanjur nyebutnya bunga edelweiss. dan juga sebenarnya edelweiss itu bunga serbuk kuning yang mekarnya 1-3 hari, setelah mekar hanya menyisakan kelopak bunganya saja. nah kelopak bunganya itulah yang tahan lama dan yang sering dicolong para pendaki gunung. bunga edelweiss juga sering disebut-sebut sebagai lambang cinta. kenapa? karena untuk mendapatkan bunga yang cantik itu harus menempuh jarak dan perjalanan yang cukup menanggung resiko.dan letak tumbuhnya yang tinggi dan jauh. dikatakan sebagai  bunga abadi karena sejak saat dipetik bunga ini tidak akan pernah layu tapi akan langsung mengering tanpa merubah bentuk dan penampilannya. bunga ini dapat hidup dalam kurun waktu 100 tahun. itulah sebabnya edelweiss dikatakan sebagai lambang cinta yang abadi. tidak jarang seseorang memberikan edelweiss kepada pasangannya, beranggapan bahwa setelah menerima bunga ini, cinta mereka akan abadi. tetapi itu hanya mitos yang hanya dipercayai oleh anak-anak alay. hahhahaha.. kenapa? karena percuma ajah kalaupun uda dikasih bunga edelweis tetapi masing-masing pasangan tidak saling percaya hubungan itu tetap tidak akan abadi. jadi bagi pasangan yang meyakini bahwa bunga edelweiss bisa membuat cinta menjadi abadi, sebaiknya harus segera menghapus pandangan itu karena jauh lebih bijaksana kalau kamu membiarkan bunga abadi itu tetap tumbuh abadi di habitat aslinya. ya gakkk???? ( sok bijak lu rii.. ) seperti kutipan yang juga aku baca di blog seseorang..

Kamu tidak akan pernah mendapatkan cinta abadi (dari sekuntum bunga abadi), tapi adalah cinta sejati (juga bukan dari sekuntum bunga Edelweis). Dan kamu justru tidak akan mendapatkan keduanya jika kamu tidak meyakini bahwa yang sedang kamu rasakan. )

   nah, bunga edelweis yg di indonesia hanya bisa tumbuh di dataran tinggi khususnya pegunungan dengan ketinggian 2000-3000 mdpl. bunga ini tumbuh ditempat tandus dan minim unsur hara (katanya) bunga ini penyuka sinar matahari penuh,. makanya kalo di indonesia bunga ini bisa dilihat mekar pada bulan maret-agustus. katanya juga bunga ini merupakan tumbuhan pioneer di kawasan gunung merapi yang masih aktif. di berkas lahar dan kawah. sumpah yah.. aku penasaran banget pengen liat pohon tumbuhan aslinya langsung. aku uda naik gunung 2 kali sinabung dan sibayak. tapi aku ga ngejumpai edelweiss. kalo sibayak, jelas karena tingginya aja ga segitu. tapi yong zae oppa pernah cerita, waktu dia ndaki gunung kerinci di riau, dia nemuin ladang bunga edelweis. dan dia foto dihamparan bunga edelweiss. aku juga sempat liat fotonya. hueeeee.. aku iri banget. aku emang punya bunga edelweiss.. dikasih bang raja. dia bilang nyarinya susah. tapi aku ga percaya. soalnya di medan kan edelweiss jarang dijumpai.. dan lagian perasaanku mengatakan kalo bunga itu dia ga metik tapi beli lah atau minta sama orang lain. tapi yawdalah yang penting kan itu usaha dari dia buat bikin aku seneng. (trus karena dia udah ngasih bunga edelweis cintanya bakal abadi gitu?? *pingsan ).
ini edelweis yang dikasih bang raja ke aku.

    tapi yahhh.., aku agak nyesel juga sihh.. karena aku pernah minta diambilin bunga edelweiss. dan ternyata sebenernya sekarang edelweiss udah termasuk dalam kategori tumbuhan langka. karena banyak diambilin sama para pendaki yang tidak bertanggung jawab.dan barusan aku ngeliat iklan di internet ada yang ngejual bunga edelweis 50 ribu per bungkusnya. kira2 udah disatuin kaya yang punya aku itu. aihhhh.., masua Allah.. kok malah di perjual belikan yah.. udah jelas-jelas dilarang pengambilannya. dan dijualnya bukan untuk ditanam atau dibudi dayakan lagi. tapi sebagai hiasan atau buah tanagn gitu. dasar geblek tuh orang. saraf. ihhh.. jadi gerem sendiri ngeliatnya. pengen banget tu aku koment iklannya. tapi ga bisa. bunga edelweiss.. bener-bener mempesona yah..  hueeeeee..., aku bener-bener pengen liat langsung bunga edelweis yang asli. yang masih bersatu sama tanah. abis itu janji deh ga bakal minta diambilin lagi dari batangnya. *walaupun aku masih bener-bener pengen dipetikin bunga edelweis. ( percaya mitos juga lu rii??? aakkhh... ga konsisten lu nyonngg.. ) hahahhahhaaa. okay deh.. to be continued yah sampai sini. kita lanjut kalo nanti aku uda berhasil foto bareng pohon bunga edelweisnya langsung. kekekekeee..

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me