Sunday, 19 October 2014

Menganyam dengan Origami

HuLLaa Cheallic.. !
  
      Setelah disibukkan dengan jadwal UTS selama seminggu akhirnya hari ini para siswa di sekolah tempat saya PPL kembali dengan aktivitasnya seperti biasa. Karena kebetulan wali kelas V-A tidak dapat hadir saya mengajak mereka berkreativitas dengan menganyam. sebelumnya apasih Anyaman dan  menganyam itu? 
      Anyaman merupakan seni yang mempengaruhi kehidupan dan kebudayaan masyarakat Melayu. Menganyam maksudnya proses menjaringkan atau menyilangkan bahan-bahan dari tumbuhan untuk dijadikan satu rumpun yang kuat dan dapat digunakan. Bahan tumbuhan yang bisa diambil yaitu, lidi, rotan, akar, bilah, pandan, dan beberapa tumbuhan lain yang dkeringkan. Nah, tapi kali ini kami tidak akan menggunakan bahan dari tumbuhan melainkan kertas origami. Alat dan bahan nya cukup simple, kertas origami, gunting, penggaris, pensil, dan lem kertas. Untuk selengkapnya mari kita lihat...
"mata walik"
      Nah, ini ada motif “Mata Walik” yang akan dibuat oleh siswa. Tetapi mungkin masih terlalu rumit bagi sebagian siswa, jadi hanya beberapa orang saja yang membuat anyaman dengan motif ini. Siswa lainnya membuat anyaman dengan motif biasa seperti motif tikar. ini dokumentasinya..

pertama, buat titik-titik selebar 1 cm.
lalu tarik garis dengan menggunakan rol
lanjut digunting

mulai deh di anyam



ini dia hasil keseluruhannya.








dan hanya ini yang hasilnya bermotif mata walik  -_-





















Hahaha.., walaupun tidak semua siswa menganyam dengan motif yang ditentukan, paling tidak mereka sudah mengerti bagaimana cara menganyam dan apa itu anyaman.

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me