Monday, 17 November 2014

Aneka kue basah berbahan dasar Kentang : Kue Lumpur & Klepon

Hay bloggies.,

      Minggu pagi yang cerah buat para anak gadisnya yang punya hobi masak. Ehehehee.. hari ini untuk pertama kalinya sejak 3 bulan PPL saya kembali kedapur. Apa sih yang mau dimasak ? kalo minggu lalu lagi demen-demennya makan bubur ayam. Minggu ini lagi ngidam berat sama kue lumpur. Kue lumpur? Semuanya uda pada tau kan apa itu kue lumpur? Kok namanya aneh yah? Hahahha.. saya sendiri juga bingung kenapa namanya kue lumpur. Mungkin karena adonan basahnya terlihat kental seperti lumpur. Jadi, kue lumpur itu salah satu kue basah tradisional yang bahan dasarnya adalah kentang. Biasanya berbentuk bulat dan ada kismis dan kelapa muda ditengahnya. Untuk lebih lengkapnya check this out..

Kue Lumpur
Bahan-bahannya :
200 gr kentang ( kukus haluskan )
Tepung terigu 200 gram
Gula pasir 200 gram
Telur 5 butir
Margarin 75 gr
Santan kelapa 375 ml
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Kismis/kelapa muda untuk hiasan



Cara membuat :
Kocok telur + gula, kemudian masukan santan kelapa, lalu tepung. Setelah adonan rata masukan kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan. Setelah semua tercampur, masukan vanili dan garam secukupnya.dan terakhir margarin yang telah dilelehkan. Tuangkan adonan kedalam loyang yang telah dioleskan margarin lalu tutup. Setelah adonan hampir matang masukan hiasan diatasnya. Nah.., berhubung saya gak menemukan kismis untuk hiasan diatasnya. Saya menggantinya dengan misses ceres. Hahahha.. loyang cetakannya pun saya ganti dengan berbagai bentuk tidak seperti loyang cetakan kue lumpur pada umumnya yang berbentuk bulat.



 
TARAAA..  KUE LUMPUR ANEKA BENTUK SIAP DISANTAP
Berhubung kentang kukusnya masih ada,kan sayang tuh. Jadi ibu berinisiatif membuat kue klepon dengan campuran kentang. kalo kue lumpur tadi buatan saya, kali ini kue klepon nya buatan ibu.

Adonan kentang dicampur jadi satu dengan tepung pulut beri garam secukupnya.
bentuk adonan menjadi bulat
Gula merah untuk isi didalamnya. setelah itu rebus adonan kue dalam rebusan air. angkat tiriskan dan lumuri dengan parutan kelapa.
KUE KLEPON

Gimana? Gampangkan cara membuatnya. Semoga menambah inspirasi kamu. Selamat mencoba

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me