Monday, 25 June 2018

CARA MENGATASI JERAWAT BERLEBIH SAAT MENSTRUASI


Hei Beauties...

       Jerawat dan Wanita adalah dua kata yang sulit dipisahkan, atau seakan tidak mau pisah. Bahkan semulus apapun wajah seorang wanita, adakalanya dia pasti jerawatan. Walaupun hanya satu atau dua biji yang tumbuh. yapp.. setiap bulannya wanita pasti harus menemui masa, dimana dia akan bertemu dengan jerawat. Jerawat yang datang pun terkadang tidak tanggung-tanggung, satu kompi dan membrutal. kalaupun tidak brutal jerawatnya muncul segede biji salak. Nah, dari pada pusing mikirin jerawat, yang terkadang memang sudah pasti akan datang, bareng dengan tamu bulanan ( baca: menstruasi ). Mending sekarang kita pikirin gimana caranya membasmi jerawat serta mengurangi jerawat yang memang sudah terlanjur hadir diwajah kita saat menstruasi.

      Penyebab jerawat itu sendiri bisa terjadi karena 2 Faktor yaitu : faktor eksternal dan faktor internal. faktor eksternal yaitu berkaitan dengan pola hidup. Sedangkan faktor internal berkaitan dengan hormon pada tubuh wanita yang mengalami ketidakseimbangan pada masa menstruasi. sehingga biasanya keseluruhan kulit menjadi lebih sensitif saat sedang mens. 

Maka dari itu aku akan langsung saja berbagi tips bagaimana cara mengatasi jerawat yang datang berlebih saat menstruasi dilihat dari faktor-faktornya. 

1. Menjaga Kebersihan Kulit Wajah

      Hal ini bisa kamu terapkan setiap saat ya dear, karena menjaga kebersihan kulit wajah itu banyak tahapannya. misalnya saja dimulai dari mencuci muka. Bersihkan wajah dengan face wash saat mandi pagi dan sore saja. jangan menggunakan face wash setiap saat mencuci muka. karena terkadang kita tidak hanya mencuci muka saat akan mandi saja kan, saat dari luar rumah pun kita harus mencuci muka agar kotoran dan debu cepat dibasuh. kenapa tidak disarankan memakai face wash setiap mencuci muka? jawabannya adalah agar kulit wajah kamu tidak kering. sehingga dapat membuat wajah jadi dehidrasi setelah selesai dicuci. 

2. Menjaga kebersihan Rambut.

      Kenapa rambut? karena rambut adalah yang paling dekat dengan wajah dan terkadang suka menempel pada wajah. ketombe, debu dan kotoran yang terkadang ada dikulit kepala bisa saja jatuh mengenai kulit wajah sehingga menetap dan masuk kedalam pori-pori sehingga menyebabkan penyumbatan pada pori-pori wajah. 

3. Menjaga Kebersihan Tempat Tidur

    Lah,kenapa tempat tidur yakk? apa hubungannya?. terkadang saat-saat menstruasi, adalah masa- masa dimana wanita menjadi amat pemalas. bisa karena mood yang tidak stabil atau bisa karena daya tahan tubuh yang melemah. sehingga bawaannya mau tidur terus. nah, kebersihan sprei, sarung bantal, guling serta selimut, tetap harus diperhatikan.

4. Perhatikan Pola dan Kebersihan Makanan

     Saat Menstruasi berlangsung, nafsu makan pada wanita biasanya meningkat. wanita jadi lebih menginginkan banyak makanan yang pada hari biasa jarang dia makan. maka hindarilah makan gorengan yang terlalu berlebihan. atau makanan yang mengandung minyak berlebih. jangan biarkan nafsu mnguasaimu hanya karena kamu lapar. makanan-makanan lainnya lagi seperti bakso, mie ayam, santan, makanan pedas, dsb. tolong jangan disentuh dulu. ehehhehe... sebagai gantinya perbanyaklah makan buah dan sayuran.

5. Membersihkan Layar HP

      Kelihatannya sepele bukan? namun memiliki efek dan dampak yang besar. bakteri yang ada pada layar kaca hp bisa saja menempel pada wajah. saat kamu tidak sengaja menempelkan wajahmu pada layar handphone. maka seringlah membersihkan layar hpmu.

6. Mengkonsumsi buah yang mengandung Vitamin A dan C

       Sebenarnya tidak hanya dengan mengkonsumsi kamu juga bisa membuat masker dari tumbuhan yang mengandung Vitamin C untuk menghentikan peradangan pada jerawat kamu. buah yang menurut aku cukup ampuh yaitu Jeruk Nipis dan Apel. yapp kamu bisa menggunakan cairan dari kedua buah itu sebagai masker pada wajah. vitamin C dapat menangkal radikal bebas dan mencegah peradangan, sedangkan vitamin A dapat menumbuhkan kembali sel-sel kulit mati.

7. Jangan Mudah Stres atau Emosi.

      Tidak bisa dipungkiri, stres adalah salah satu penyebab jerawat akan muncul di wajah kamu. ketika kamu terlalu memikirkan suatu persoalan yang memancing emosi dan menguras pikiran kamu. biasanya jerawat akan muncul secara perlahan, tenang dan pasti. maka usahakanlah untuk selalu happy. karena disaat mens, Serotonin atau homon bahagia biasanya akan mengalami penurunan. makanya wanita jadi lebih mudah marah saat sedang menstruasi. jangan terlalu baper, kadang-kadang kita juga harus cuek dengan hal tertentu.

8. Meminum Antibiotik

      Kenapa harus antibiotik? karena jika jerawat kamu sudah sampai ditahap yang membandel dan datang bersama pasukan satu kompi. tidak mudah diatasi hanya dengan mengubah pola hidup saja. namun juga harus dibantu pengobatan dari dalam. setidaknya antibiotik akan membantu mengurangi peadangan dan jerawat yang membengkak akibat radang dan iritasi. sejujurnya aku pernah mencoba ini dan lumayan membantu.

9. Minum Air Putih

       Diantara semua yang super ribet, yang satu ini jangan sampai dilupakan yah... usahakan minum air putih 8 gelas per hari. agar tubuh kamu tidak dehidrasi dan tetap bugar. percayalah, air putih memiliki banyak manfaat tak terhingga yang dapat membantu memulihkan wajah kamu yang berherawat.

10. Minum Pil KB

     Untuk yang satu ini, aku belum pernah mencobanya. Ini serius.hahhahhaa.. tapi dari berbagai sumber dan artikel yang aku baca. mengkonsumsi pil KB dapat membantu mengurangi dan mengatasi jerawat pada wajah. namun setiap pemakaian obat-obat tertentu pasti ada positif negatifnya bukan, ada juga yang mengkonsumsi pil KB tidak jerawatan lagi, tapi malah justru muncul flek hitam. jadi baragam yah... mungkin reaksinya bisa berbeda untuk tiap kulit. yang pastinya saran megenai pil Kb ini hanya untuk kamu yang sudah menikah  ya dear..

        Yah... jadi itu dia tadi 10 hal yang bisa mengatasi dan mengurangi jerawat pada saat menstruasi. Kalau kamu punya cara lain yang kira-kira lebih ampuh, boleh komen dibawah yah... Kalau misalnya kamu heran,"tari, kalau misalnya kita gak lagi mens, tapi emang jerawatan. itu kan juga cara yang sama bakal kita lakuin.." . emang benar. Tapi biasanya ketika kamu mens jerawat yang muncul akan berbeda dari biasanya. bisa saja hal ini terjadi pada kamu yang sehari-harinya kulitnya mulus dan hanya jerawatan jika mens saja. bisa juga pada wanita yang emang jerawatan, tapi saat mens jerawatnya makin nambah. Nah,kunci dari semuanya sebenarnya cuma satu bahagia dan bersyukur. kalau kamu bahagia dan bersyukur, mungkin kamu gak akan search artikel yang lagi kamu baca sekarang. ehehhehe good luck.

2 comments:

  1. Dan aku paling males membersihkan layar HP huuhuu. Paragraf terakhir bener sekali itu sis, selalu bersyukur dan bahagia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhaha iya kan bebs.. soalnya aku pernah sempet frustasi gegara jerawat.

      Delete

Advertisement

@Way2themes

Follow Me