Sabtu, 09 Juli 2022

PERAN IBU YANG BEKERJA DALAM MENERAPKAN POLA HIDUP SEHAT BAGI KELUARGA

      


       Semenjak menjadi seorang istri dan ibu banyak hal yang berubah dalam hidupku. termasuk tentang gaya hidup yang tadinya serba instan sekarang menjadi lebih terarah dan teratur. Bagaimana tidak, sebagai seorang istri, ibu dan wanita yang bekerja, membagi waktu itu tidaklah mudah. terlebih lagi saat ini aku baru saja menyelesaikan LDM ( long distance married ) yang artinya kini sudah tinggal satu rumah dengan suami dan anak. 


Rutinitas dan hal-hal yang dilakukan pun sekarang sudah aku jadwalkan dengan baik. Hal itu agar aku dan suami tetap memiliki kualitas waktu bersama keluarga meskipun kami sibuk bekerja. Tidak hanya menjadwalkan waktu, aku pun mulai menerapkan pola hidup sehat dikeluarga kecil kami. Dimulai dengan aktivitas di pagi hari sampai dengan malam hari. Beberapa hal yang mulai aku terapkan yaitu :


Bangun Pagi sebelum subuh 


      Sebagai seorang wanita pekerja yang kini memiliki suami dan anak. Bangun pagi sebelum subuh sekarang wajib aku terapkan dirumah. Sembari menunggu waktu subuh, aku yang tadinya sangat malas dan bahkan tidak pernah berolahraga. Sekarang sedikit demi sedikit melakukan gerakan-gerakan peregangan di pagi hari. Nah bangun pagi sebelum subuh itu banyak manfaat nya loh. Beberapa diantaranya yaitu dapat membuat badan dan pikiran terasa segar, serta meningkatkan produktivitas.


Manfaat fisik lainnya yang diberikan seperti membuat kulit terasa lebih sehat. Hal ini bisa didapatkan melalui olahraga yah. Kemudian bangun pagi juga dapat membantu menerapkan pola makan yang sehat. Karena biasanya setelah selesai sholat, aku akan lanjut masak makanan untuk bekel suami dan juga masak makanan untuk baby Nurin. Jadi apa yang dikonsumsi beneran buatan rumah yang bisa kita jamin kebersihan dan kesehatannya. 


Nah, kalau dalam islam sendiri bangun pagi sebelum subuh itu dapat membuka pintu rezeki, terpenuhi segala kebutuhan, didoakan malaikat, serta mendapatkan ampunan dari Allah. Aaammiinnn..


Mandi di Pagi Hari


      Sebagai seorang pekerja melakukan aktivitas di pagi hari sebelum berangkat kerja tentunya sudah jadi hal yang biasa. Namun kini ada hal baru yang juga telah aku terapkan semenjak menjadi seorang ibu. Karena dituntut harus pergi bekerja pada pukul 07.00 wib , aku turut menerapkan pada Baby Nurin, anakku yang kini usianya 9 bulan untuk wajib mandi di pagi hari. Baby Nurin yang notabene nya di asuh oleh orang tuaku selama setengah hari setiap harinya, wajib sudah mandi ketika aku akan berangkat kerja. 


Jadi setelah aku selesai menyiapkan keperluan suami termasuk perbekelannya. Baby Nurin pun akan aku mandikan sekitar pukul 06.30 wib. Tentunya ketika aku juga sudah siap dengan keperluanku. Untuk segala perintilan dan keperluan baby biasanya sudah aku siapkan pada malam hari. 


manfaat mandi di pagi hari bagi orang dewasa selain dapat membantu memompa aliran darah keseluruh tubuh, juga dapat meningkatkan ritme pernapasan. Sedangkan pada bayi manfaat mandi pagi dapat melindungi tubuh dari bakteri yang menempel.


Minum air putih yang cukup


       Hal yang terlihat simple tapi sebenarnya justru terkadang sulit untuk dilakukan. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dengan cukupnya kebutuhan air dalam tubuh. Bagi orang dewasa kebutuhan air dalam 1 hari itu sekitar 8 gelas atau 2 liter. Sedangkan untuk anak usia 7-12 bulan sekitar 2-3 gelas atau 800 ml. Untuk menyiasati hal ini aku memutuskan untuk minum dengan menggunakan botol air minum. 


Minum dengan menggunakan botol air minum cukup membantuku dalam memenuhi kebutuhan air dalam tubuh untuk satu hari. Semisal ketika berangkat kerja aku lebih memilih membawa air minum dari rumah, dibanding minum air yang ada dikantor. Kemudian pulang dari kerja juga begitu, botol yang kosong aku isi ulang kembali dan aku letak didalam kamar. Jadi setiap saat ketika haus atau tidak sengaja melihat botol air aku pasti akan langsung meminumnya. 


Hal ini juga aku terapkan ketika bepergian keluar rumah. aku sudah prepare membawa air minum sendiri. Kini manfaat yang aku dapatkan cukup bisa terlihat. seperti BAB yang lancar, kulit tidak lagi terasa kering, dan juga tidak mudah lelah. 


Makan makanan Sehat 


      Demi menjaga keluarga kecilku dari bahaya makanan yang tidak sehat di luar sana, aku memilih bangun lebih pagi untuk memasak. Biasanya di akhir pekan aku akan belanja bahan pokok untuk keperluan seminggu. Kemudian tinggal menyusun dan menyimpannya dengan rapi dalam lemari es. Hal ini aku lakukan karena tidak memiliki waktu jika tiap hari harus belanja. Aku juga banyak belajar dari sosial media, bagaimana mengolah dan menyimpan bahan makanan yang baik agar tahan lebih lama. 


Begitu juga dalam menyiapkan MPASI aku lebih memilih masak dibanding membeli MPASI instan yang siap seduh. Yah meskipun drama anak makan terkadang membuat hati galau. Tapi aku tetap semangat saja setiap harinya menyediakan makanan sehat untuk bayiku. 


Sama hal nya dengan makanan pokok aku juga menerapkan hal yang sama dengan makanan ringan. Aku dan suami termasuk orang yang sangat doyan ngemil. Cemilan yang biasanya kami makan adalah yang mengenyangkan jadi bukan sekedar makanan ringan. Kalau dulu mie instan selalu jadi alternatif paling gampang, untuk mengobati rasa lapar yang tetiba menyerang. Namun karena saat ini aku sedang dalam masa menyusui, akupun mulai mengurangi dan bahkan sangat jarang mengkonsumsinya. 


Tapi sekarang aku ga perlu khawatir lagi, karena tetap bisa makan mie instan tanpa harus takut dengan berbagai penyedap nya. Pilihan ini tentu saja karena ada mie lemonilo yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami, tanpa pengawet dan pewarna buatan. Selain itu mie lemonilo juga tidak menggunakan tambahan MSG, serta lebih rendah gluten. Jadi bukan buat kamu si pecinta micin yah. hehehe..


Suamiku sendiri sangat suka makan mie lemonilo ini. Tekstur nya itu loh yang membuatnya berbeda dengan mie instant pada umumnya. Jika ada yang penasaran dengan warnanya yang hijau, itu terbuat dari bayam yah. Selain itu proses pembuatannya itu tidak di goreng melainkan di oven. 




Nah kali ini aku mencoba membuat cemilan sehat dari mie lemonilo. Yang pastinya resep ini tuh mudah dan  bisa Mom buat sendiri dirumah yah.

3 komentar:

  1. Food preparation masih jadi PR banget buat aku, bener ya, kalo dipikir pikir yang dilakukan di atas itu buat masak lebih mudah, rapi, dan mempertimbangkan nutrisi seharian ya

    BalasHapus
  2. Betul kak, mandi pagi buat sehat memang🤩🤩

    BalasHapus
  3. Menyiapkan bahan bahan akan memudahkan dalam menyiapkan menu, masak jadi simpel dan cepat, lemonilo emang pengobat mie instan

    BalasHapus