Wednesday, 13 November 2013

Dramatical Reading : Serigala Sakit Gigi

Dear Blogies..

    Udah hampir seminggu gak berbagi cerita. banyak hal yang mau diceritakan sebenarnya. tapi kesibukan yang sok disibuk-sibuk kan ini memaksa untuk tidak bisa membuka blog. berhubung modem nya ilang juga sih.. HAHAHA.. ini juga kebetulan lagi nemeni lilis ke warnet jadinya sekalian ajah. nah, hari ini aku mau berbagi cerita minggu lalu. tepatnya hari sabtu tanggal 8 november.

5 hari yang lalu..,
    Seperti biasa kembali ngajar di Nurul Ilmi. dan udah di duga karena sabtu sebelum nya aku sama kak haikal ga datang. kami menerima sedikit kritik ringan dan ocehan halus. -_- okelah..
jadi kemarin itu dapet sms kalo guru ekskul disuruh datang cepat karena ada yang mau diinformasikan. ternyata karena tanggal 25 hari guru, jadi bagi masing-masing guru ekskul dan anak didiknya yang mau memberi penampilan di hari guru harap melapor ke kordinator ekskul. aku sama kak haikal diam ajah. ga tau  gimana caranya melatih siswa/i itu dalam waktu 2 minggu dengan jadwal kegiatan LKK yang lagi padat-padatnya.

    Okay lupakan sejenak hal itu.,
kembali pada materi yang akan diajarkan hari ini. beberapa waktu yan lalu aku search naskah drama anak. dan aku nemuin satu naskah cerita anak yang kaya cocok buat dijadikan bahan ajar latihan hari ini. judul nya itu "serigala sakit gigi". naskah bercerita tentang kehidupan para binatang dihutan yang terganggu oleh ulah si serigala. serigala menculik salah satu binatang yang ada dihutan untuk dijadikan tumbal agar sakit giginya hilang. maka kawanan binatang lainnya bersatu untuk membebaskan teman mereka dan membuat serigala jera dengan perbuatannya. naskah aslinya sih ada 8 lembar. tapi kan ga mungkin 8 lembar itu bisa dikuasai anak-anak dalam waktu satu jam setengah dipotong waktu main dan sibuk menenangkan tingkah-tingkah mereka. jadi naskah nya aku adaptasi jadi satu lembar setengah.

    Nah, pertama-tama.., mereka dibagi menjadi tiga kelompok. ada tiga kelompok besar dan di ketuai oleh masing-masing icon pembuat masalahnya, adam,raja, dan daska. setiap kelompok diberi dua naskah. mereka disuruh membaca dialog secara bergantian dan bergilir. tiap orang satu dialog. naskah satu dipegang dan dibaca oleh siswa urutan pertama. sedangkan naskah yang satu lagi dipegang oleh siswa urutan tengah, tetapi tidak dibaca melainkan hanya mendengarkan dan melihat saja. dibaca bergantian dengan teman yang berada ditengahnya mendengarkan. naskah bergilir keliling. hingga mereka semua paham dan mengerti jalan cerita nya. setelah itu.. tiba saatnya casting pemeran, untuk hari ini hanya akan mengcasting peran seigala. dan ini khusus untuk laki-laki.
    Beberapa kelompok itu kemudian disatukan. tiap-tiap siswa dari kelompoknya maju pergrup. mereka akan membaca dialog bagian serigala, berdialog sambil menirukan bagaimana serigala berbicara. akhirnya setelah semua giliran selesai membaca. didapatlah satu siswa yang panatas memerankan tokoh serigala di dalam naskah cerita tersebut. dan parahnya saya lupa namanya. hehehheee.., dia diberi satu naskah untuk dipelajari dirumah.

 si bamus selalu jadi bagian yg di shoot -_-

 kelompok 1

 kelompok 3



 saat casting peran serigala

    Latihan hari ini selesai., aku senang karena sekarang perilaku mereka tidak separah dulu. sudah mulai dekat dan akrab. keadaan sudah hangat. dan aku juga senang berada diantara mereka.
beberapa diantara mereka bilang, kalo mereka pengen tampil di hari guru tapi gimana.. waktu buat latihannya yang gak ada. kasihan juga sih kalo ngeliat mereka harus kecewa.

    Pulang dari ngajar, kami berdua langsung cabut kesanggar. berhubung ada tanggung jawab yang harus dilaksanakan. kebetulan hari ini orter kampus angkatan XXV Teater LKK Unimed.

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me