Wednesday, 23 July 2014

CONGKLAK - PERMAINAN TRADISIONAL YANG TERLUPAKAN

Hey sobat cheallic..,
Ada yang masih ingat dengan permainan congklak? atau ada yang tau asal mula permainan congklak? untuk sekedar berbagi pengetahuan, sharing yok tentang permainan tradisional yang sudah hampir terlupakan itu.

      Sebelumnya, ini cerita saya tentang permainan congklak. bagi saya sendiri congklak itu adalah permainan tradisional yang menggunakan papan plastik dengan 14 lengkungan. Diantaranya 6 baris atas bawah yang bersusun paralel dan masing-masing satu lubang paling besar di ujung papan. Permainan ini menggunakan biji yang biasa disebut dengan biji congklak. bentuk bijinya itu seperti kerang kecil. biasanya dimainkan oleh dua orang dan rata-rata adalah anak perempuan. Dulu saya punya tetangga yang kurang mampu. Bahkan untuk membeli sepaket papan congklak yang harganya Rp.8000,- saja masih mikir-mikir. Saya sering mengajaknya bermain congklak dengan saya. Sampai suatu hari dia mengajak saya bermain congklak tapi tidak menyuruh saya membawa congklak saya. Ternyata dia menciptakan congklak sendiri dengan cara menumbuk tanah dengan batu sehingga permukaan tanah menjadi lengkung seperti papan congklak. lalu biji-bijian itu digantinya dengan menggunakan batu kerikil  kecil. Luar biasa. Apakah diantara kamu pernah bermain congklak dari tanah?

Asal mula congklak.,
     Dari berbagai sumber yang saya baca., ternyata permainan congklak itu bukan berasal dari indonesia. Letak wilayah indonesia yang strategis dan merupakan jalur perdagangan membuat indonesia banyak disinggahi pedagang asing yang berasal dari Asia dan Eropa. Nah, hal itu tidak menutup kemungkinan pertukaran budaya asing yang masuk ke indonesia. Beberapa ahli berpendapat permainan congklak itu berasal dari timur tengah, lalu dibawa kedaratan afrika. Soalnya nih, ada sebuah penggalian arkeolog nasional geographic, di yordania ditemukan lempengan yang terbuat dari batu kapur dan memiliki cekungan yang berderet paralel. Dan itu diperkirakan sekitar 5000-7000 sebelum masehi. Lalu ketika permainan itu populer di Afrika, budaya itu masuk ke indonesia melalui perdagangan budak. Nah, berarti permaianan congklak itu udah kuno banget yahhh..

      Congklak itu sendiri memiliki berbagai nama yang berbeda disetiap daerahnya. Di timur tengah permainan ini disebut “mancala” yang artinya bergerak. Bahasa inggris nya juga gitu. Sedangkan di indonesia sendiri nama permainan congklak itu berasal dari bahasa jawa. Mungkin karena ibu saya suku jawa jadi saya mengenal permainan ini dengan nama congklak. menurut penelitian saat ini ada sekitar 279 nama lain dari permainan congklak yang berasal dari berbagai budaya di berbagai negara yang ada di dunia.

      Tau gak, kalo congklak sekarang bentuknya papan plastik dengan 14 lubang cekung yang ringan. Nah, kalo zaman dulu congklak itu ada yang terbuat dari kayu dan biasanya diujung papan congklak ada hiasan berbentuk kepala naga. tapi kalo ditelusuri ternyata bentuk congklak itu beraneka ragam loh. Hufht., jadi rindu pengen main congklak. anak-anak zaman sekarang sih udah jarang main yang begutuan. Kenalnya gadget sama game online. Nah, sebagai generasi penerus kita wajib lestarikan budaya negara kita walaupun itu hanya berupa sebuah permaianan biasa. Terutama bagi anak-anak. Selamat Hari Anak Nasional...!!
 
congklak zaman dulu ni.. sumber : google
 
congklak modern , sumber : google

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me