Friday, 17 October 2014

Ayo Meronce bersama siswa.. !


Helloww..

Salam cheallic..
sudah hampir 2 bulan saya dan teman-teman menjalani PPLT di SDN 101896 Kiri Hulu 1 Tanjung Morawa. Banyak cerita dan pengalaman berharga yang kami dapat. Mulai dari belajar membuat RPP Kurikulum 2013 sampai bagaimana cara menarik perhatian siswa SD dengan hal-hal kreatif. 

Nah, kali ini saya mau berbagi cerita tentang meronce. Sebelumnya ada yang tau apa itu meronce? Meronce yaitu menyusun bahan berlubang sehingga menghasilkan rangkaian benda yang dapat digunakan. Contohnya itu seperti gelang, kalung yang terbuat dari manik-manik. Bahan untuk meronce juga bisa didapatkan dari biji-bijian. Misalnya biji buah lontar. Alat dan bahan yang digunakan juga cukup mudah didapat. Seperti jarum, benang jahit, benang pancing, senar karet, dan manik-manik/ biji-bijian. 
Beberapa minggu lalu saya ngajar di kelas V-C. Dan sedikit mendokumentasikan kegiatan meronce di kelas mereka.
ini dia hasil akhirnya


Teman-teman., selain dengan manik-manik dan biji-bijian.. saya menemukan cara baru untuk meronce. guru pamong saya memberitahu satu contoh teknik meronce dengan menggunakan kertas. Kertas apa? Bebas. Kamu bisa menggunakan kertas kado bermotif. Caranya, gambar pola segitiga sama kaki pada kertas kado. Tarik garis dengan menggunakan pulpen dan penggaris. Setelah itu, gunting menurut pola. 

alat dan bahan


 










pola yang sudah jadi digulung dengan menggunakan tempat tinta pulpen

lalu beri perekat pada ujungnya



Ini dia hasil yang sudah jadi. sekarang tinggal dirangkai saja dengan menggunakan benang/tali pancing.


taraaaaa...  ini dia gelang yang sudah selesai dirangkai.


Beginilah suasana kelas V-B saat meronce

Mudah bukan cara membuatnya? Semoga bisa menambah isnpirasi teman-teman semua. Selamat mencoba.  :)

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me