Friday, 3 August 2018

MY ACNE STORY - PERJUANGAN MELAWAN JERAWAT


Hei Beauties...

      Pernah gak kamu ngalamin masa-masa terberat dalam hidup yang berkaitan soal wajah. Seolah dramatis banget yah kalau pakai bahasa "terberat" hahhaha. Yah itu karena aku juga pernah mengalaminya.  Kulit wajah aku pada dasarnya itu memiliki flek hitam (freckles) tetapi tidak berjerawat. Jenis kulit kombinasi yang kumiliki, terkadang membuat aku memiliki kulit kering di satu masa dan kulit berminyak di waktu lainnya. Ketika kulit wajah dalam keadaan kering ditambah lagi aku memiliki flek hitam, maka wajah pasti akan terlihat kusam. Tetapi itu masih bisa diatasi. Permasalahan terberatnya adalah ketika Kulit wajah kering, memiliki flek hitam dan Jerawat menyerang. Suatu kesatuan yang komplit untuk menyempurnakan wajah yang kusam.

      Pertengahan tahun 2015,  ketika lagi masa sibuk-sibuknya nyusun skripsi, wajah aku mulai diserang jerawat. Bukan seperti jerawat yang datang pada masa menstruasi. Jerawat ini muncul, hilang silih berganti tetapi tidak berhenti, sehingga menyebabkan bekas jerawat bertaburan diwajah. Pada waktu itu jerawat yang datang masih tidak terlalu parah karena kondisi wajahku yang berminyak. Jerawat masih bisa ditutupi dengan bedak. Pada masa itu aku sama sekali belum mengenal skincare lebih jauh. Jadi yang aku lakukan hanya terus menutupi jerawatnya tanpa mengobati dan mencari tau penyebabnya.
         Kemudian jerawat yang tadinya hanya seperti pasir diwajahku, perlahan mulai timbul jerawat dengan jenis yang lainnya. Jerawat mulai beberapa jerawat mulai membesar dan seperti ada cairan/nanah putih didalamnya. Kebiasaanku untuk menghilangkannya dengan cepat adalah dengan memencetnya. sehingga walaupun nanti hasilnya setelah mengering akan menghitam. paling gak bebas dari rasa sakit. Begitulah pemikiranku pada masa itu tanpa memikirkan jangka panjangnya. 

       Tahun 2016 menjadi masa-masa terberat bagiku dalam melawan jerawat. Bagaimana tidak, perlakuan ku yang salah dalam menangani jerawat, membuat Jerawat semakin rajin datang diwajahku dan bahkan betah untuk tinggal. Mulanya hanya dibagian wajah, kemudian muncul beruntusan atau jerawat pasir dibagian kening, pipi kanan dan kiri bagian dalam. Kulit wajah pun cenderung mengering pada masa itu. Akhirnya aku mulai menyadari bahwa hal ini tidak bisa dibiarkan. Aku pun mulai melakukan berbagai hal untuk mencoba mengurangi jerawatku diantaranya : 

* Berolahraga
      Aku mulai rajin lari sore di sekitar tempat tinggalku. Aku melakukan hal ini karena dari beberapa artikel yang kubaca berolah raga dapat mengurangi lemak dan produksi sebum pada wajah. Ada beberapa jenis olahraga yang dapat mengurangi jerawat seperti pilates dan yoga. Namun aku hanya melakukan jogging. Karena itu yang paling mudah dilakukan menurutku. 

*Memakai masker alami
        Berbagai masker alami mulai aku gunakan diantaranya yaitu : Putih telur, lidah buaya, madu, bawang putih, tomat, jeruk nipis dan belerang. Beberapa diantaranya sudah pernah aku review di blog. kamu bisa search pada label "Product Categories". Diantara masker alami yang pernah aku pakai,yang paling ampuh menurutku adalah "Lidah Buaya". 

*Mengatur Pola Hidup
      Mengatur pola hidup yang kumaksud disini adalah, mengubah kebiasaan. Contohnya itu seperti sering mengganti seprai, tidak menempelkan layar HP pada wajah saat menelpon, sering mencuci aplikator makeup seperti brush dan sponge. Kemudian menggunakan sabun pencuci wajah hanya dipagi hari dan sore hari agar wajah jadi tidak kering. 

*Mengkonsumsi Air Putih
      Air putih dapat mendetoks atau membuang racun-racun yang ada didalam tubuh penyebab jerawat. Ada baiknya mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perhari. biasanya aku minum segelas waktu bangun tidur pagi, 1 gelas setelah sarapan. trus jam 10an biasanya aku minum segelas lagi. 2 gelas habis makan siang.  sore sekitar jam 4/5 aku biasa minum air 1 gelas lagi. 1 gelas setelah makan malam dan 1 gelas sebelum tidur. 

*Mengkonsumsi Suplemen 
      Sanking stres nya aku melihat kondisi wajahku, aku sampai memutuskan untuk meminum berbagai suplemen pereda jerawat. Beberapa suplemen yang pernah aku minum adalah Nouriskin, Natur E dan Bersih darah kembang bulan. 

*Mengurangi Beban Pikiran
      Sebenarnya ini adalah hal yang terkadang terlihat sepele. Aku juga menyadari saat sedang skripsian jerawatku sangat gencar muncul karena beban pikiran yang tidak lagi sesuai bobot. Kemudian faktor makanan yang tidak sehat seperti bakso dan gorengan. Nah dimasa yang ini, stres  yang muncul itu karena jerawat itu sendiri. Aku terlalu memikirkan nasib wajahku yang tidak kunjung bersih dari jerawat. Bahkan aku sempat gak percaya diri untuk keluar rumah dan melihat kaca. 

      Kemudian faktor omongan dari teman-teman soal wajahku. Please dear, kalian tidak akan pernah tau beban pikiran orang yang berjerawat sebelum kalian merasakannya sendiri. Emangnya enak tiap ketemu orang selalu dibilang "Ih,, muka mu kok jadi gitu.., makanya jangan gini... " "pakai ini ajah..." "cobain ini ajah.. "  Please gengs.. aku udah paling tau mukaku uda pakai apa aja. Yang paling sakit itu omongan dari Ibu sendiri. Ibu aku ngira aku jerawatan karena gonta ganti skincare. Aku juga lelah loh.. aku juga kepengen gak jerawatan.. Siapa juga yang mau dengan sukarela mukanya jerawatan. Dan tanpa kalian sadari, omongan kalian itu cuma bikin aku tambah stres dan jerawatku makin nambah banyak karena aku jadi gak sabaran dan gak mau berproses. 

    Please dear, mulai sekarang kalau kamu ketemu sama temen kamu yang mukanya jerawatan. Kalau kamu gak tau apa-apa soal beauty atau skincare mendingan "DIAM". Kalau kamu punya sedikit ilmu tentang skincare dan kulit yang kamu tau, Beri saran tanpa harus menggurui. Itupun kalau dia kelihatan risih dan pengen curhat soal jerawatnya. misal kamu bisa ngomong gini : 
"Kemarin waktu lagi jerawatan, aku coba pakai produk ini. udah aku review juga sih. cuma kamu juga bisa lihat review-review lainnya di internet. siapa tau cocok. tapi kalau mau ganti produk, usahakan istirahatkan dulu mukanya yah.. dan minimal nyobain produk itu dua minggu. kalau sehari gak cocok jangan langsung ganti karena kita gak bakalan tau reaksinya. dan yang penting sabar yah bisa jadi itu juga karena hormon...)
    Nah.. itupun kalau dia mulai cerita soal jerawatnya. Tapi kalau dia nya enjoy aja dan gak ada beban sama sekali soal jerawatnya... Please gengs, Jaga mulut jaga omongan. Tahan diri dan lebih baik diam. 

      Diatas itu adalah cerita sekilas mengenai hal apa saja yang sudah aku lakukan untuk mengurangi jerawat. Selain itu aku juga mulai sering membaca review para beauty blogger. Dan mulai mencoba beberapa produk. Tetapi pada saat itu aku belum berani untuk mencoba produk sejenis krim - krim jerawat. Apalagi harus pergi ke dokter dan memakai krim-krim racikan dokter. Aku tidakakan pernah melakukannya. Karena dari yang aku tau, krim racikan dokter akan membuat ketergantungan. dan sulit move on ke Skincare lain. Sedangkan aku punya hobi berekesperimen dengan wajah. ( baca : bermakeup )
     
    Nah pada bulan Maret 2017 kalau gak salah ingat, aku mulai Mencoba Tender Care, salah satu produk dari brand Oriflame. Aku memakai tender care pada bagian wajah yang terkena jerawat. Jadi reaksinya lumayan positif. Tender care ini mampu meredakan peradangan pada jerawat dan mengempeskan jerawat. Namun prosesnya itu lama dan benar-benar gak instant. Selain itu Tekstur tender care yang berminyak membuat produk ini hanya bisa kupakai pada malam hari. Jadinya yah aku tetap searching sana sini buat nyari Acne Skincare yang cocok buat masalah wajahku. 


16 Februari 2017,
 penampakan wajah aku yang dipenuhi jerawat. Jadi yang paling parah itu dibagian pipi sebelah kanan dan kening

23 Februari 2017
Jerawat dibagian kening sudah mulai berkurang

07 April 2017
Jerawat di kening dan pipi kiri sudah hilang, tinggal noda bekas jerawatnya saja. Jerawat di pipi kanan sudah mulai berkurang

   Hingga Pada awal bulan Juni 2017, aku mulai mengenal salah satu  Brand Skincare yang mempunyai produk penanganan khusus untuk jerawat. Sebut saja namanya Elsheskin. Awalnya aku mengenal Elsheskin dari salah satu Beauty Vlogger yang aku sukai. Yah, walaupun aku tau itu cuma endorse untuknya tetapi entah kenapa aku jadi terpikat. Cukup lama waktuku memtuskan untuk memakai Elsheskin sebagai solusi dari masalah jerawatku. Yah, karena aku adalah orang yang gak suka memakai sembarang skincare untuk wajah. Dan kalau brand nya juga baru kudengar, aku agak gak percaya gitu. selama hampir sebulan aku sibuk searching sana sini nyari tau review dari pengguna brand ini, pelayanan dan keamanan produknya. Hingga pada akhir Juni 2017 aku memutuskan untuk membeli Produknya. 



       Perjuanganku gak sampai disitu aja dear.. Karena ternyata setelah hampir dua minggu pemakaian wajahku belum terlalu banyak perubahan. hanya jerawat yang kempes lalu tumbuh lagi ditempat lain. Maka mulai lah aku galau lagi, tapi ntah kenapa walaupun aku galau, aku sama sekali gak memutuskan untuk berhenti memakai produknya. Aku niatkan dalam hati untuk memakai produknya sampai habis. Alhamdulillah di akhir minggu ketiga, wajahku mulai menampakkan perubahan. Dimulai dari beruntusan di area kening yang hilang satu persatu. Lalu jerawat mulai mengempis tapi tidak tumbuh lagi.  sampai waktu produknya habis, wajahku belum bersih gengs. Jerawatku masih ada!! sumpah. Tapiii.. hanya tinggal jerawat yang hendak kempes. Kemerahan diwajah mulai menghilang, beruntusan juga mulai memudar. Sebahagia itu ditambah lagi mukaku jadi tidak kusam. 




After = pemakaian di minggu ke 4

After = pemakaian di minggu ke 4 - akhir Juli 2017

      Maka aku memutuskan untuk kembali mengorder produknya. Hingga akhirnya aku sudah menghabiskan tiga paket
Acne Treatment Series. Dan wajahku menjadi bersih dalam waktu kurang lebih 4 bulan. yah... satu paket itu bisa kuhabiskan sekitar sebulan lebih sedikit.. Sebenarnya kata "bersih" disini bukan artinya putih mulus kinclong. Tetapi bersih dari jerawat. bekas-bekas jerawatnya masih ada sedikit-sedikit. Tapi subhanallah, jerawatnya gak balik lagi. Kemudian karena pada akhir tahun 2017 aku lagi seret keuangan. Aku gak mengorder Elsheskinnya lagi. Tapi Alhamdulillah jerawatnya emang gak balik lagi. Aku menyimpulkan bahwa produk ini gak membuat ketergantungan. Dibulan Januari, tadinya aku mau mengorder lagi.. tapi tiba-tiba aku berpikir karena jerawatnya sekarang udah bersih gimana kalau aku berhenti dulu. Lalu aku memutuskan untuk menghentikan pemakaian untuk melihat reaksi selanjutnya. Ternyata jerawat memang tidak balik lagi. Ditambah lagi aku menemukan masker yang membantu aku menghilangkan noda bekas jerawat. Face Masque by Mineral Botanica, aku benar-benar suka banget sama masker ini sampai aku pakai di tetesannya yang terakhir. Asli wajahku bener-bener dibuat kinclong. Ya walaupun tetap aja ada sisi negatif nya. Tapi masker ini top banget untuk membersihan sisa sisa jerawatku. 






Kondisi wajah pada bulan Desember 2017

 Maka diawal tahun 2018 fokusku adalah mencerahkan kulit wajah dari noda hitam bekas jerawat.

      Yang aku suka dari Elsheskin ini, proses penyembuhannya itu tidak instant. Sehingga aku makin percaya bahwa ini bukan seperti krim abal-abal. Kemudian aman dipakai untuk ibu hamil. Btw, aku menulis panjang lebar soal brand ini.. bukan karena aku dibayar yah. Perlu digaris bawahi karena aku memang sepuas itu dengan produknya. Kemudian, ada beberapa teman yang juga aku rekomendasikan memakai produk ini.. tetapi tidak semuanya berhasil. Aku sih menyimpulkannya karena mereka berhenti ditengah jalan. Saran aku sih.. kalau memutuskan untuk memakai produk terlebih lagi itu skincare..coba sampai habis atau minimal 2-3 minggu. Kalau ada purging atau beruntusan yang muncul. itu wajar gengs.. wajah kamu lagi didetoks karena sebelumnya kan kamu memakai berbagai kosmetik atau brand lainnya yang mengandung unsur kimia. Yah bukannya aku mau bilang kalau elsheskin ini gak ada kandungan kimianya.. tetapi rata-rata proses dari sebuah skincare itu emang seperti itu. Inti lainnya, Sabar gengs.. cantik itu butuh proses dan kerja keras. 

       Kemudian di awal tahun 2018, aku tidak lagi berkutat dengan masalah jerawat tetapi bekas jerawat. Nah.. disini aku tidak lagi memakai krim-krim lainnya. Perlu diketahui mulai dari Januari - Juli ( saat ini ) aku tidak lagi memakai krim malam/siang. Aku hanya menggunakan skincare lainnnya seperti pelembab, serum dan facial wash. Nah, untuk mencegah agar jerawat tidak kembali lagi, aku mulai menerapkan beberapa hal untuk menjaga kebersihan wajahku diantaranya : 

1. Double Cleansing.
Aku gak pernah pecaya sama skincare produk apapun yang katanya bisa membersihkan wajah tanpa harus dicuci lagi dengan air. Apalagi sekarang aku senang bermakeup. Jadi aku tetap harus mengahpus makeup/membersihkan wajah dengan micellar water atau pembersih wajah lainnya. Kemudian cuci lagi wajahnya dengan menggunakan produk pencuci wajah yang kamu punya. Dan produk pencuci wajah yang terampuh dan cocok dengan kulit wajahku selain dari Elsheskin adalah Nivea Makeup Clear.

2. Memakai Serum / Toner
Produk yang satu ini sedikit banyaknya lumayan membantu loh dear. Selain untuk mecerahkan wajah. Serum dan toner juga dapat mengangkat sel kulit mati. Sehingga wajah bisa terlihat cerah. Dan untuk yang satu ini aku emang gak akan ngeskip. Untuk saat ini aku lagi cocok-cocoknya sama serum dari smooto dan toner dari lacoco. 

3. Rajin Maskeran
Yang satu ini juga gak kalah penting yah dear.. Awalnya aku dulu suka sepele. Ternyata rajin maskeran itu punya dampak yang luar biasa loh.. gak harus beli masker diluaran sana.bahan alami juga banyak kok yang bisa dijadiin masker. kadang kalau abis pulang ngajar siang aku suka olesin muka aku pake tomat biar adem atau kulit pisang. itu Favorit aku banget. Trus malam nya bisa pakai masker yang udah disediain. 

       Nah selain itu aku juga benar-benar meniatkan untuk gak lagi jajan sembarangan seperti bakso, gorengan, fried chiken, dll. Karena awalnya aku tuh suka banget makan kayak begituan tanpa sadar kulitku ini super sensitif. Kemudian aku juga selalu mengupayakan untuk membersihkan wajah sebelum tidur. Saat ini aku sedang aat cocoknya dengan salah satu produk. Sebut saja Smooto. Iyah, awalnya aku dapat skincare ini gratisan. Tapi karena aku sangat puas dengan hasilnya aku memutuskan untuk membelinya. hahahha.. Skincare ini membuat wajah aku kelihatan lebih cerah dan selalu terlihat lembab.



Juni 2018
      Okay, sekian dulu cerita dari aku mengenai perjuanganku melawan jerawat. Disini aku bukan mau mempromosikan suatu brand. Hanya ingin berbagi cerita saja bahwa jerawat itu pasti bisa disembuhkan atau dikurangi gengs.. intinya kamu harus konsisten dan punya komitmen sama diri kamu. Jangan ngaku ngeluh kalau kamu gak berhasil dengan suatu produk sebelum kamu pakai selama sebulan. Dan berhenti menjelekkan  produk kalau kamu tidak memakainya sesuai dengan aturan yang benar. Tips lainnya adalah, pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan, masalah dan kondisi kulit kamu. Yang terakhir Sabar dan tetap bersyukur ya dear... Terkadang jerawat suka muncul tiba-tiba tapi Alhamdulillah sejak pola hidup dirubah dan selalu komitmen sama skincare routin.. Jerawat jadi mudah hilang dan jarang balik lagi kalau gak pas masa menstruasi. 


Follow me on :

Fanpage : Miss Tariita
Instagram : @misstariita
Twitter : @tariitaas
Email : misstariita@gmail.com

19 comments:

  1. Kalau skincare ku itu simple banget sih buat kulit acneku, dan allhamdulilah aku sembuh. Yang paling penting harus banget kulit wajahku pakai toner cuka apel, jerawat langsung kering dong. Trus aku gak lupa buat mengkonsumsi vitamin c and it's really works on my acne. sekarang lagi berjuang buat ngilangin bekas-bekas jerawat yang seabreg.

    XOXO,
    Sani MS

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, cuka apel yah.. aku sering baca kalau itu ampuh buat jerawat. tapi sampai sekarang belum pernah coba. semangat kak saniii... :*

      Delete
  2. Aku juga pernah di cepuin sama mamaku katanya kalo gonta ganti make up mulu mukanya rusak dooong :") tapi kan kadang suka kepo kalo make up baru gitu yaahh
    tapi jadinya mulus banget yaahh jadi ingiiinn

    xoxo,
    http://adelescence.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya emang.. terkadang kita suka kepengen nyobain makeup baru tanpa mikir kondisi muka kita.

      Delete
  3. Ya ampuunn aq ga nyangka lo dirimu ternyata pernah jerawatan kupkir selama ini dirimu punya wajah sebening yg kukenal skrg,,, wahh totalitas sekali ya perubahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa... iya kak.. salah satu masa terberatku..

      Delete
  4. wah elshe skin emang bagus ya hasilnya, dulu sempet gak percaya gtu tapi pas liat kamu bner2 perubahannya terlihat jelas

    ReplyDelete
  5. wahh aku salut bgt sih sama pejuang acne kayak kamu gini 😍

    ReplyDelete
  6. Wah aku jg mau bikin artikel kayak gini nih haha .. tp masih struggle buat ngurangin PIH huhu

    Nice article 👌👌

    ReplyDelete
  7. Mayan panjang dan struggling ya beb, congratss for finding the progress.

    ReplyDelete
  8. Bagus bgt hasil akhirnya beph yaa..

    Eny from Enychandotcom

    ReplyDelete
  9. Nah ini nih yang Elsheskin pengen coba aku tuh💞

    ReplyDelete
  10. Aduhh paling takut sm namanya jerawat 😭 untung skrg udah mulus ya beb

    ReplyDelete
  11. aku juga akhir-akhir ini lagi berjuang banget ngelawan jerawat, tapi susah ngehindarin baso dan gorengan :(

    ReplyDelete
  12. Emang berat perjuangan melawan jerawat itu yah beb, aku jadi pengen buat postingan acne story juga deh 😍

    ReplyDelete
  13. Sama banget,masalah kulit ku juga jerawat. Sekarang alhamdulillah udah berkurang. Kurang lebihbsama sih stepnya tapi paling susah tuh olahraga sama ngurangin beban pikiran😅😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener.. olahraga tuh udah kayak musuh aku

      Delete
  14. Aku lagi jerawatn nih huhu dan ditengahnya tuh selalu ada mata kuning2nya gitu :( bt2 thanks for sharing!

    ReplyDelete

Advertisement

@Way2themes

Follow Me