Thursday, 9 March 2017

BASMI JERAWAT DIMULAI DARI POLA HIDUP

Hello dearest..

      Masih ketemu lagi sama aku. Kali ini aku mau ngebahas seputar masalah jerawat. Yupz, jerawat adalah satu dari beberapa hal yang amat sangat tidak disukai wanita, termasuk aku. Karena membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri. Walaupun dizaman yang super canggih seperti sekarang ini banyak hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat diantaranya dengan menggunakan scincare, teknologi super canggih, sampai make up yang dapat mengcover jerawat. Sekalipun itu semua sudah kita lakukan jerawat bisa saja datang kembali. Why ??? Hal itu dikarenakan pola hidup dan kebiasaan kamu yang tidak bersih dan sehat. Lalu apa saja sih penyebab jerawat itu ?
Jerawat bisa disebabkan oleh gen atau bawaan dari orang tua. Biasanya jika orang tua nya berjerawat 60% anaknya pasti sedikit banyaknya memiliki bibit jerawat juga. Tapi tidak semuanya seperti itu. Jerawat juga bisa disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih pada kulit wajah serta pori-pori yang tersumbat. Pori-pori yang tersumbat  disebabkan oleh sebum atau minyak yang bercampur dengan bakteri dan kulit mati.
 So, disini aku mau berbagi tips dan pengalaman aku membasmi dan mencegah jerawat melalui pola kebiasaan hidup.

1. Rutin membersihkan wajah

      Nah, disini aku gak ngebahas soal skincare, tapi lebih ke.. Bersihkanlah wajahmu setelah menggunakan make up. Make up yang kamu pakai tentunya sudah menutup pori-pori kamu kan, so setelah selesai beraktivitas jangan lupa membersihkan sisa make up kamu. Bisa dengan menggunakan remover kemudian fash wash dan basuh dengan air hangat. Dan harus diingat, gunakanlah fash wash yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu. Jangan tidur dengan make up masih menempel di wajah karena itu dapat mengganggu regenerasi kulit kamu.

2. Rutin mencuci brush make up

      Brush make up yang kamu pakai diwajah tentunya memiliki sisa make up yang tertinggal di bulu-bulu halusnya. Sisa make up yang tertinggal akan menghasilkan bakteri jika tidak dibersihkan. Otomatis ketika kamu tidak membersihkan brush make up kamu, dan tetap menggunakannya pada wajah maka bakteri pada brush akan menempel dikulit wajah dan menimbulkan jerawat. Maka sebaiknya bersihkan brush make up kamu aecara rutin seminggu sekali. Aku juga mau bagi tips cara membersihkan brush make up.
      Yang pertama letakkan brush make up yang mau kamu bersihkan pada sebuah wadah kosong. Kemudian kamu bisa menggunakan fash wash atau baby soap yang mana ph nya sesuai dengan kulit wajah kita. Tuangkan sedikit air hangat dan putar-putar brush make up kemudian pindahkan kedalam wadah yang berisi air bersih.


Putar kembali dan alirkan air. Keringkan bulu pada brush dengan menggunakan tisu atau handuk yang lembut. Tekan-tekan dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Kemudian berdirikan brush dengan bulu yang menghadap kebawah agar air cepat menetes kebawah. Jangan meletakkan bulu brush dengan menghadap keatas karena airvyang mengalir dapat merusak ketahan lem antara bulu dan gagang brush.

3. Rutin mengganti seprai

      Mengganti seprai termasuk cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah jerawat. Why? Bayangkan jika seprai kamu kotor, lusuh dan sudah dekil pastinya mengandung banyak kuman dan bakteri kan. Tanpa kamu sadari saat tidur atau istirahat kulit wajah kamu akan menempel atau bersentuhan dengan seprai yangg kotor dalam waktu lama. Kita katakan 8 jam waktu tidur. Maka bakteri akan dengan bahagianya bukalapak.com di kulit wajah kamu. Maka dianjurkan gantilah atau cuci separaimu seminggu sekali.



4. Mengkonsumsi Air mineral 8 gelas/hari

       Jerawat yang muncul salah satunya dikarenakan pori-pori yang tersumbat. Maka rutinlah mengkonsumsi air mineral minimal 8 gelas /hari.

5. Rajin Berolahraga

      Dari beberapa penelitian yang dilakukan dengan rajin berolahraga dapat mengurangi jerawat yang muncul di wajah. mengapa begitu? Karena olahraga dapat melancarkan peredaran darah dan oksigen ke kulit. Yang dapat  melembabkan dan mencerahkan kulit. Beberapa olahraga yang dapat mencegah dan mengurangi jerawat yaitu joging, yoga, pilates dan olahraga kardio. Olahraga kardio itu seperti melakukan senam aerobik.

6. Jangan Begadang

      Belum ada data akuratnya sih gaes kalo begadang itu bisa menyebabkan jerawat. Namun secara logikanya saja. Tidur dapat membantu proses peremajaan kulit. Jadi ketika kita kurang tidur tentunya dapat menghambat proses peremajaan kulit kita. So, kurangi begadang ya gaes...


      Nah, dari beberapa aktivitas diatas yang paling susah aku lakuin adalah berolahraga. Memang sih setelah aku menerapkan semua tips-tips diatas jerawat aku gak langsung hilang seketika, tetapi setidaknya mencegah jerawat yang baru untuk tumbuh lagi. So, semoga tips ini bisa ngebantu kamu ya dear..

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me