Wednesday, 24 July 2019

MEMILIH LAYANAN KESEHATAN TERBAIK BERSAMA MALAYSIA HEALTHCARE TRAVEL COUNCIL ( MHTC )


  Semakin maraknya jenis penyakit dan layanan kesehatan yang kurang baik, ada kalanya sering membuat masyarakat bingung untuk memilih pelayanan Rumah Sakit yang tepat. Hal tersebut bisa dikarenakan pelayanan konsultasi yang kurang memuaskan sampai dengan pelayanan akomodasi yang kurang baik. Namun di era millenial ini, pelayanan jasa kesehatan tidak hanya bisa didapatkan dengan cara pergi kerumah sakit secara langsung. Saat ini layanan kesehatan sudah bisa didapatkan hanya dengan mengakses situs dan kontak tertentu. Salah satunya adalah Malaysia Healthcare Travel Council ( MHTC ).

Apa itu MHTC ?

     Malaysia Health Care atau Malaysia Healthcare Travel Council ( MHTC ) adalah badan atau konsultan yang berada di bawah naungan pemerintahan Malaysia. Badan ini bertugas memfasilitasi dan mempromosikan industri perjalanan kesehatan di Malaysia. Badan ini  juga turut berkolaborasi dan membangun kemitraan dengan negara-negara tetangga lainnya seperti China, India, Indonesia, Myanmar dan Vietnam.


      Pada akhir pekan lalu, tepatnya pada tanggal 20 Juli 2019, Blogger Medan mendapat undangan dari Malaysia Healhtcare Travel Council ( MHTC ) untuk menghadiri "Bincang Kesehatan" dengan tema "Fit for Life". Event ini berlokasi di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention, Medan. Bersama rekan-rekan dari Blogger Medan yang lain, saya turut menghadirinya. Tepat pukul 13.30 wib perhatian kami sedikit tergugah, sebab MC sudah mulai membuka acaranya.


       Pada event kali ini yang tak kalah menarik perhatian adalah karena dua pembicaranya dihadirkan langsung dari Malaysia. Pada sesi pertama kami disambut oleh mbak Farah Delah Suhaimi, selaku Marketing Director Indonesia, MHTC. Bersama mbak Farah para undangan diajak mengenal lebih dekat apa itu  Malaysia Healthcare Travel Council ( MHTC ). Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang turut bermitra dengan MHTC.


    Seperti yang kita lihat dan ketahui sangat banyak diantara masyarakat Indonesia, yang memutuskan untuk melakukan pengobatan serta menggunakan layanan kesehatan dari Malaysia. Sebut saja kota Penang salah satunya, terutama untuk penyakit - penyakit tertentu seperti Kanker dan Jantung. Nah, MHTC hadir untuk membantu mereka yang bingung dan sama sekali belum pernah mendapatkan pengobatan di Malaysia. Misalnya saja terkait rumah sakit mana yang sesuai dan bagaimana prosedur pengobatan disana. 

      Untuk membuat para klien merasa nyaman perihal akomodasi, MHTC turut bekerjasama dengan Medical Tourism Malaysia.  Nah, melalui Medical Tourism Malaysia ini kita dapat mengetahui jalur pelayanan kesehatan yang akan kita dapatkan dari MHTC. Hal itu meliputi fasilitas pelayanannya yang lengkap mulai dari pemberangkatan, penjemputan di bandara, imigrasi, penginapan sampai wisata selama berada di Malaysia. 

      MHTC juga turut bekerjasama dengan 73 Rumah Sakit ternama. Jadi pasien bisa mendapatkan fasilitas dan layanan kesehatan sesuai dengan jenis penyakit nya. Dalam hal ini urusan budget pun dapat ditangani dan disesuaikan dengan kondisi keuangan pasien. Sebab untuk kategori rumah sakitnya sendiri, MHTC juga turut mengelompokkannya menjadi dua jenis. yaitu :

* Rumah sakit Anggota Elit
   - Alpha Fertility Centre
   - Ara Damansara Medical Centre
   - Beverly Wlishire Medical Centre
   - Dan lain-lain.

* Rumah Sakit Anggota Biasa
   - Advance Vision Eye Specialist Centre
   - ALPS Medical Centre
   - Assunta Hospital
   - Dan lain-lain.

Keunggulan dari Malaysia Healthcare Travel Council ( MHTC )

       Beberapa keunggulan lainnya dari Malaysia Helathcare Travel Council ( MHTC ) akan dirangkumkan sebagai berikut ;

* Kualitas Berkelas Dunia
     Keselamatan pasien akan dijaga melalui pemantauan ketat dari kementrian kesehatan. Selain itu institusinya terakreditasi serta diakui secara internasional. Praktisi medis nya juga sudah terlatih dan berpengalaman. Teknologi  tang canggih dan fasilitas modern juga menjadi fokus utamanya.

* Kemudahan Akses
       Waktu tunggu yang singkat menajdi salah satu kelebihan disini. Kemudian tersedia berbagai macam perawatan. Akses juga dapat dilakukan secara langsung kepada dokter spesialis. 

* Keterjangkauan yang Kompetitif
      Penetapan harga biaya perawatan tertinggi ditentukan oleh kementrian kesehatan. Kemudian biaya nya juga relatif terjangkau dibandingkan dengan pesaing regional. 

* Kemudahan Berkomunikasi
       Bahasa yang digunakan juga tidak mempersulit klien, karena banyaknya bahasa yang digunakan seperti Inggris, Hindi, Mandarin, Melayu dan banyak lagi. Selain itu juga terdapat penerjemah dan juru bahasa. 

* Hub Halal Global
      Alternatif medis yang sudah halal. Selain itu terdapat fasilitas seperti ruang ibadah dan restoran halal. 

* Perjalanan Awal hingga akhir yang tanpa batas
     Layaknya sedang melakukan travelling, MHTC juga menyediakan fasilitas  untuk mendukung wisatawan kesehatan. Hal ini dimulai dari titik awal pengajuan pertanyaan dari negara asal, kedatangan , pasca perawatan hingga kembali kerumah. 

* Healthcare Travel Awards
       Adanya beragam penghargaan yang didapatkan, misalnya seperti International living, International medical travel journal dan masih banyak lagi.

      Pada sesi berikutnya kami diajak berkenalan dengan pembicara selanjutnya, yaitu  Dr. Savitha yang merupakan Head of Strategic Partnership, Malaysia Ramsay Sime Darby Health Care. Ramsay Sime Darby Healthcare juga merupakan salah satu Rumah Sakit yang bekerja sama dengan MHTC. Pada kesempatan ini Dr. Savitha banyak memaparkan berbagai hal seputar kesehatan seperti ;

- Healthy balanced diet / Diet seimbang yang sehat
- Maintain a healthy weigth/ Mempertahankan berat badan yang sehat
- Regular exercise / Rajin berolahraga
- Do not smoke / Tidak merokok
- Drink alcohol in moderation / Minum alcohol dalam jumlah sedang
- Adequate sleep / Cukup istirahat
- Regular health screening / Rutin melakukan pemeriksaan kesehatan


Hal-hal yang ada pada point dia atas terkadang merupakan hal sepele yang sering kita abaikan. Nah disini Dr. Savitha juga mengajak kita untuk melakukan perawatan pencegahan. Perawatan pencegahan dimaksudkan untuk peduli pada diri sebelum menerima resiko paling menakutkan. Hal-hal seperti ini dapat dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan. Melakukan pemerikasaan kesehatan sejak dini dapat mengurangi resiko timbulnya penyakit kronis. Dengan diketahuinya jenis penyakit dan kondisinya dapat dilakukan pencegahan dan penanganan yang tepat sejak awal.

Kemudian memilih bahan makanan yang tepat juga dapat membantu kita untuk memelihara kesehatan tubuh. Ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang penuh dengan serat, perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur menghindari makanan olahan serta yang banyak mengandung minyak seperti gorengan. Selain itu mengurangi bahan makanan yang memiliki kadar gula tinggi serta. Dengan melakukan beberapa hal simple yang terlihat sepele ini, mudah-mudahan kesehatan kita bisa sedikit terjaga. Meskipun begitu melakukan medical check up tetap tidak kalah penting bagi kita.


     Dalam hal ini Malaysia Healthcare Travel Council juga menawarkan beberapa paket medical check up. Para peserta dapat mengetahuinya melalui beberapa brosur yang dibagikan. Sebelum mengakhiri perbincangannya Dr. Savitha turut memberikan beberapa tips untuk memilih paket medical check up yang tepat seperti ;

- Sesuaikan dengan jenis penyakit yang diderita serta usia pasien. misalnya saja jika penyakit yang diderita adalah pada bagian mata, maka kunjungilah medical check up yang menawarkan pelayanan kesehatan mata. 

- Pada pasien dengan riwayat penyakit keturunan, ada baiknya memeriksa latar belakang kesehatan keluarga terlebih dahulu. Sehingga nantinya paket medical check up yang akan dipilih bisa disesuaikan dengan jenis kebutuhan.


       Pada perjumpaan terakhir salah satu panitia turut memaparkan mengenai perawatan dan fasilitas yang bisa kita dapatkan. mulai dari keberangkatan hingga kepulangannya. Beberapa tahapan yaitu ; pasien melakukan pemesanaan, kemudian nantinya akan ada penjemputan serta pihak-pihak yang akan mengurus imigrasi. Setelah urusan selesai pasiean akan diantarkan menuju tempat peristirahatan. Setelah itu akan dijemput oleh pihak dari rumah sakit, tenaga medis yang disediakan juga akan menemani pasien nantinya sampai tahap pengobatan selesai.


Informasi lebih lanjut :

[ www.medicaltourismmalaysia.com ]
[ @malaysiahealthcare ]
[ @medtourismmy.id ]

10 comments:

  1. Owuw.. Ada kategori anggota elit dan anggota biasa ya. Kalau aku yang biasa keknya wkwk

    ReplyDelete
  2. Aku baru tau dan emang memudahkan sih untuk informasi tentang rumah sakit dan berobat disana

    ReplyDelete
  3. Aku jadi tau banyak kalo tidur yang cukup itu penting, apakah aku yang seringnya diatasi jam 10. Tapi pelayanan yang ditawarkan Malaysia healthcare ini patut diacungi jempol ya tariri

    ReplyDelete
  4. Keren emang mhtc ini ya beb jadi pengen ke malaysia aku

    ReplyDelete
  5. Berobat ke Malaysia semakin mudah ya Dek 😍 sekalian jenjalan juga 😁

    ReplyDelete
  6. Terbantu bgt kalau berobat menggunakan jasa MHTC ini ya kak, benar benar lengkap pelayanannya.

    ReplyDelete
  7. Aku pegen ke sana. Tapi sementara belum deh, gak punya uang 😁

    ReplyDelete
  8. Mantap euy, gak perlu bingung lagi berobat ke malaysia, bisa diinfoin ke sodara-sodara nih.

    ReplyDelete
  9. aku ngerti sekarang kenapa orang bnyak berobat ke Malaysia, apalagi ada MHTC, jadi makin mudah

    ReplyDelete

Advertisement

@Way2themes

Follow Me