Kamis, 13 Januari 2022

MENGUBAH HOBI MENJADI BISNIS - PROPERTI FOTO DAN MINI DEKORASI

       Di tahun 2017 saat mulai mengganti niche blog menjadi beauty, aku mulai menggemari dunia fotography. Berbekal kamera Samrtphone yang biasa-biasa akupun memulai semuanya. Objek yang sering aku foto tentunya adalah produk-produk kecantikan mulai dari makeup sampai dengan skincare. Awalnya aku hanya menggunakan hal-hal sederhana untuk dijadikan background foto. Seperti rumput, kertas karton, meja, karpet, dan lain sebagainya.

Berganti Tahun, aku mulai mencoba menyelami hal-hal baru untuk mempercantik tampilan gambar pada blog. Aku mulai suka berkunjung ke blog sesama beauty blogger untuk melihat bagaimana sih tampilan foto yang menarik itu. Dan tentunya apa saja sih barang-barang yang digunakan agar mampu mendukung foto tampak kelihatan lebih cantik dan aesthetic. 

Ternyata ada beberapa pernak-pernik lucu dan unik yang digunakan oleh para blogger untuk menciptakan tampilan foto yang aesthetic. Yah meskipun hanya menggunakan kamera hp biasa aku bertekat, bagaimana supaya foto yang aku hasilkan juga bisa kelihatan bagus dan sedap dipandang. Pernak-pernik itu tidak hanya dijual disatu tempat. Dan untuk di daerah Medan - Sumatera Utara ini belum banyak yang menjual properti foto yang benar-benar lengkap. 

Jika ada beberapa properti foto pun yang dijual di area Medan, tentunya harga sudah jauh berbeda. Properti yang dimaksud itu seperti daun-daun plastik, bunga kering, properti kayu, sampai alas foto berbentuk goni, kain kanvas, background 3D, dll. Nah, berawal dari kebutuhan diri sendiri untuk foto produk muncul lah ide untuk menjual properti produk tersebut. Karena juga banyak teman-teman yang tinggal di Medan, bertanya dimana aku membeli properti foto tersebut. 

Dalam berbelanja online, ongkos kirim selalu menjadi pertimbangan apakah produk tersebut jadi dibeli atau tidak. Terutama jika produk yang dibeli hanya dalam jumlah kecil dan toko tempat membeli nya berbeda pulau. Tentu ongkos kirim menjadi lebih mahal. 

Agustus 2020 

Pada pertengahan tahun 2020 tepatnya tanggal 13 Agustus, aku resmi mendirikan online shop sendiri dengan nama brand "Taprojects". Nama ini sebenarnya sudah lama aku miliki pada bisnis-bisnis sebelumnya yang telah karam alias gulung tikar. Namun semoga saja yang kali ini membawa dampak positif karena yang dilakukan adalah hal yang disenangi. 

Dengan modal awal 500 ribu aku nekat membeli beberapa produk dari luar pulau sumatera untuk aku jual kembali di Medan. Aku mulai dari menjual properti foto kecil-kecilan seperti alas foto 3D, properti kayu, bunga-bunga kering sampai Bulu rasfur. Semua itu aku stok dalam jumlah kecil. Awanya aku memasarkan hanya via instagram dan Whatsapp. Namun lama kelamaan aku mencoba peruntungan di marketplace Shopee. 

Berikut adalah beberapa produk yang aku jual di online shop ku. 




Alhamdulillah berjualan di Shopee membuka peluang besar bagi bisnis kecil ini untuk dapat berkembang dengan baik. Aku mulai mengumpulkan testimoni dan respon baik dari para pembeli. Lama kelamaan bisnis kecil ini semakin dikenal orang. produk yang aku jual mulai diminati oleh pembeli dari luar daerah. Sampai saat ini aku sudah mengirim ke berbagai daerah seperti, Aceh, Riau, Palembang, Jakarta dan Kalimantan. 

Melihat respon pembeli yang baik, aku mulai mengembangkan bisnisku dengan menjual produkku sendiri yaitu buket bunga kering dan mini hampers buket. Produk ini  pun cukup menarik perhatian dan mendapat respon yang bagus dari pembeli. 



Namun adakalanya bisnis tak selalu berjalan mulus. Kondisi ku yang sedang LDM dengan suami, membuat aku harus menutup toko sementara jika sedang libur kerja dan harus keluar kota untuk pulang kerumah suami. Jika sudah begini tentu saja berpengaruh pada reputasi toko online ku di Shopee. Kenapa toko harus ditutup? karena aku belum punya admin untuk bisa membantuku mengelola toko. Karena juga tokonya belum punya outlet. Semuanya masih dikerjakan sendiri. Mulai dari menerima pesana, packing sampai dengan pengantaran. 

Semoga kiranya bisnis kecilku ini bisa semakin berkembang dan pada akhirnya aku bisa mempunyai outlet sendiri. aaammmiinnn... 


more info :

Taprojects_ Properti foto & Dekorasi

instagram : 

Shopee : 

Whatsapp :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

@Way2themes

Follow Me