Rabu, 12 Januari 2022

CARA ALAMI MENGATASI ALERGI KULIT SEBELUM MEMUTUSKAN KE DOKTER

      Meskipun berkecimpung didunia makeup dan sering mereview berbagai skincare dan makeup. Tidak membuat aku sering mengunjungi klinik kecantikan atau dokter kulit. Aku lebih memilih perawatan dari rumah saja, selain lebih hemat dampaknya takut jadi ketergantungan. Sampai tiba-tiba aku mengalami alergi yang cukup parah menurutku. Mulai dari sinilah awalnya aku jadi teramat sering searching berbagai info seputar permasalahan kulit. Sampai melirik klinik kesehatan kulit. 

Ceritaku Tahun 2020

    Alergi yang kualami berawal sekitar tiga bulan yang lalu saat bulan puasa tepatnya. Awalnya aku hanya merasakan gatal di area lengan dan paha. Lama kelamaan gatalnya mulai meradang dan menimbulkan bekas saat digaruk. Aku pun mencoba meminum antibiotik yang dibeli di apotik. Namun ternyata tidak ada perubahan, gatal yang kurasakan malah semakin menjadi. Aku mulai mencoba obat yang lainnya seperti kapsul cina dan obat oles yang juga beli di apotik.

Setelah meminum kapsul tersebut tetap tidak ada perubahan, terlebih lagi saat memakai obat olesnya. aku cukup merasa terganggu karena aromanya bau belerang dan kulit menjadi sangat panas setelah dioleskan. Menderita sekali rasanya yang kurasakan antara gatal dan panas. Berhenti menggunakan obat tersebut aku beralih ke Kimia Farma dengan mencoba Dextamine dan salep betametason. Kemudian mengunjungi dokter kulit lah yang menjadi pilihan terakhirku.

Kembali lagi mengenai permasalahan kulitku, setelah banyak berbincang dengan dokter, ternyata faktor kulitku menjadi alergi adalah pola makan. Ternyata aku alergi dengan seafood dan ayam potong. Jika dulunya aku merasa baik-baik saja ketika mengkonsumsi makanan tersebut. Lain ceritanya dengan sekarang. Hal itu bisa saja terjadi karena perubahan hormon dan stamina yang menurun. 

Dokter bilang, jika saja stamina ku dalam keadaan baik alergi tidak akan muncul begitu saja. Namun disaat aku kurang sehat atau staminanya menurun maka reaksi alergi akan cepat sekali muncul. Jadi yang harus kulakukan adalah menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit. Aku juga mengeluh dong tentunya dengan tekstur kulitku yang bisa dikatakan tidak bagus lagi. Karena memang kondisi tekstur kulitnya sedikit parah, dokter menyarankan untuk suntik vitamin C. 

Tips alami untuk mengembalikan kulit agar mulus lagi

       Selain meresepkan obat dan salep, dokter turut memberikan tips agar kulitku bisa kembali seperti semula sekaligus agar kulitku tetap terjaga. Tips yang diberikan dokter adalah perawatan kulit yang dilakukan secara alami. Seperti mengurangi makanan penyebab alergi, banyak mengkonsumsi sayur dan buah terutama dipagi hari. Mengkonsumsi infus water, ini sih jika sangat malas makan buah yah. Seperti aku nih yang sangat malas makan buah, aku memilih untuk meminum infus water. 

Buah yang digunakan untuk infus water bermacam-macam tapi aku menggunakan lemon dan sereh biar lebih gampang dicari. Alhasil aku rutin meminum infus water ini sebagai pengganti air mineral yang biasa aku minum. Sekarang kondisi kulitku sudah jauh lebih baik. Selain rutin makan obat, meminum infus water, mengoles salep aku juga rajin memakai lotion. Hal ini agar warna kulitku akibat bekas luka jadi cepat merata.

Nah, peran body lotion dalam mendukung proses perataan warna kulit akibat bekas luka alergi ini juga penting sekali yah. Beberapa lotion yang aku coba untuk meratakan warna kulit yaitu ;
- Nivea Body Lotion
- Scarlett Whitening 
- Love Beauty and Planet

Namun saat ini yang rutin dan sangat setia aku pakai adalah Scarlet Whitening. Selain lotion aku juga sempat memakai cream pencerah yaitu SA Naturel by Shandy Aulia. dan aku akui krim ini cukup ampuh untuk meratakan warna kulitku terutama di area bokong. 

Jadi, untuk memiliki kulit yang sehat tidak hanya manut dengan vitamin dan obat-obatan yah, tetapi juga dengan pola hidup, pola makan, serta hati dan pikiran yang tenang dan bahagia turut mendominasi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Advertisement

@Way2themes

Follow Me