Monday, 18 June 2018

MANFAAT MASKER BELERANG UNTUK KECANTIKAN KULIT WAJAH [ REVIEW ]



Hei Beauties... 

        Pada dasarnya merawat kesehatan kulit wajah adalah hal yang selalu dilakukan oleh para wanita. Apalagi jika kulitnya sensitif. Bahkan dengan memakai bedak tabur saja, kamu sudah termasuk merawat kulit wajah kamu loh.. Dan tau gak sih, ternyata yang sensitif itu bukan cuma hati dan kulit wajah doang. Kulit bagian tubuh juga termasuk bagian yang sensitif bagi sebagian orang termasuk aku.
     Sejak kecil, tepatnya saat menginjak usia 8 tahun kulit tubuhku menjadi lebih sensitif. Mudah alergi seperti tidak bisa memakai balsem atau sejenis minyak angin yang menghasilkan panas. Tidak bisa digigit nyamuk, maka akan jadi luka atau kudis. Dan jika luka akan sukar sembuh dan meninggalkan banyak bekas yang menghitam. Namun setelah masa period datang perlahan-lahan kulitku mulai kebal. Kecuali masalah luka dan gigit nyamuk itu masih sampai sekarang. Dan hasil yang ditinggalkan dari semua permasalahn kulitku adalah bekas luka yang sukar hilang.


        Banyak hal yang sudah dilakukan mulai dari berobat ke dokter, pakai salep, pakai krim perata warna kulit dan lainnya. Salah satu dari hal yang kulakukan lainnya adalah berendam di air belerang. Di usia yang mendekati seperempat abad ini, kini aku menemukan fungsi lain dari belerang selain untuk berendam, yaitu dijadikan masker. Masker??  Yuppsss masker belerang. Tapi sebelumnya, kamu sudah tau belum belerang itu apa?  Kalau belum, simak selengkapnya yah...

Apa itu Belerang?

      Belerang atau sulfur adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang S dan nomor atom 16. Belerang merupakan unsur non logam yang tidak berasa. Belerang, dalam bentuk aslinya adalah zat padat kristalin kuning. ( sumber : wikipedia  )

Sumber : wikipedia
Dimana dapat menemukan Belerang?

      Belerang dapat ditemukan disekitar daerah pegunungan dan hutan tropis dalam bentuk aslinya yang masih padat dan berwarna kuning kecoklatan atau kuning keemasan. Dan belerang yang aku punya, aku membelinya di sebuah kawasan pemandian air panas Sidebuk-debuk di daerah dataran tinggi karo,  Berastagi-Sumatera Utara. Belerang yang aku beli sudah berbentuk bubuk kering yang sudah dihaluskan, namun warnanya bukan kuning emas seperti yang tampak pada gambar diatas. Warnanya seperti cream dan tentunya tidak ada nama brand yah.. Karena Belerang ini di tampung langsung dari para petani Belerang di daerah ini. Aku juga heran, kenapa warnanya bukan kuning emas yah... Ada yang bisa kasih tau aku?


Apakah menggunakan Masker Belerang termasuk Aman ?

        Menggunakan Masker Belerang termasuk Aman. Dari beberapa artikel yang aku baca, memakai Belerang sebagai masker dikategorikan aman. Bahkan air belerang atau belerang yang sudah dicairkan, sangat bagus dan berkhasiat untuk mengobati beragam jenis penyakit kulit. Seperti Kudis, koreng, gatal-gatal yang disebabkan oleh alergi, dll.

Manfaat lain dari Belerang

1. mengobati gatal-gatal
2. mengatasi jerawat ( sebagai anti bakteri )
3. mengatasi panu dan kurap
4. mengatasi penuaan dini
5. menyembuhkan koreng /kudis

Cara Membuat Masker Belerang 

Pertama, siapkan mangkuk/wadah, air bersih, sendok kecil dan kuas masker


kedua, ambil sedikit bubuk belerang pada plastik kemasan kemudian tuang pada mangkuk. 



ketiga, aduk sampai teksturnya mengental, jangan terlalu banyak air agak tidak keenceran. Perlu diketahui, tekstur belerang bubuk ini agak sukar larut dengan air. Jadi perlu diaduk sampai benar-benar merata. 



keempat, masker siap digunakan. oleskan secara merata pada wajah kecuali daerah mata dan bibir. diamkan selama 5 menit atau sampai masker mengering dan bilas dengan air bersih. 


Hasil Pemakaian 

         Awalnya aku sedikit ragu untuk mencoba masker ini. Dikarenakan belerang kan sangat terkenal dengan baunya yang menyengat dan sukar hilang. Terlebih lagi kulitku sangat sensitif dan takut akan reaksi-reaksi yang akan timbul setelah pemakaian. Namun dibalik semua itu reaksinya cukup diluar dugaan. Masker belerang ini sangat cepat mengering. Saat awal pemakaian kulit terasa tertarik, hampir sama seperti reaksi masker konvensional lainnya. Namun yang membuatku merasa takjub, saat proses pengeringan masker ini tidak gatal ataupun perih di kulitku yang sensitif, teksturnya juga ringan di wajah. Padahal di masker-masker organik yang pernah aku pakai sebelumnya, kulit aku pasti akan terasa gatal saat masker akan mengering. Kemudian bau menyengat yang aku khawatirkan sebelumnya, ternyata tidak terlalu menusuk seperti ketika kita berendam di air belerangnya langsung. namun memang bau nya tetap terasa dan sukar hilang. setelah dibilas dengan air, wajah tidak tampak kering namun juga tidak terasa lembab. biasa saja, namun sedikit lebih cerah dan halus. Dan diawal pemakaian, aku punya satu jerawat dibawah bibir yang udah mateng dan hampir meletus. Terus pas malam nya pakai, besok paginya itu jerawat udah kempes. (maaf banget aku lupa fotoinnya). So, menurutku ini sangat cocok buat kamu yang punya masalah dengan jerawat. 


Tips agar bau belerang tidak terlalu menyengat setelah selesai maskeran

1. cuci wajah sampai bersih dengan menggunakan face wash. harus benar-benar bersih.
 ( disini selesai mencuci wajah aku memassage wajahku sebentar dengan menggunakan Cleansing Foam dari Neovita kemudian basuh kembali dengan air. jika tidak punya kamu bisa menggantinya dengan perasan jeruk nipis/tomat )

2. Gunakan Moisturizer setelahnya kemudian tepuk-tepuk wajah perlahan hingga mengering. 
( disini aku menggunakan moisturizer dari smooto yang memiliki aroma tomat ).kamu bisa pakai pelembab yang kamu punya. 

3. setelah mengering gunakan serum kemudian kamu boleh gunakan krim malam jika memang pakai krim. 

Kelebihan :
+ kulit terasa lebih cerah
+ dapat mengempiskan jerawat 
+ mengeringkan beruntusan pada wajah

kekurangan :
- bau nya yang sukar hilang ( namun masih bisa diatasi ).


Price 

       Harga satu bungkus bubuk belerang yang aku beli pada plastik kemasan itu sekitar Rp.5000,-. cukup murah bukan. kalau berada di Sumut, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat pemandian air panas yang ada di kabupaten Karo untuk bisa membeli nya. namun sekarang sudah banyak juga masker belerang yang sudah dikemas rapi bahkan memiliki nama brand tersendiri. 

           Thankyou so much for reading, semoga bermanfaat bagi kamu semua. sampai ketemu dipostingan selanjutnya. 

Follow me on :

Fanpage : Miss Tariita
Instagram : @misstariita
Twitter : @tariitaas
Email : misstariita@gmail.com

7 comments:

  1. Untuk memiliki wajah bersih ternyata ga harus mahal ya sis, aku pernah coba tapi ga suka baunya dan ternyata kesalahan dr membilas. Mksh sia tips nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan dia emang bau banget tuh kan yah.. Jadi selesai pemakaian harus ada di akalin deh biar gak bau.

      Delete
  2. Belerang mmg udah terkenal manfaatnya buat kulit ya. Tapi ya gitu. Suka males nyoba krna baunya. Tapi next bakalan praktekin tips dari tari ah.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Kak, aku lagi coba maskeran pake belerang. Kulit muka aku berubah warna, apalagi yang ada jerawat dan bekas nya jadi lebih hitam. Itu kenapa ya? Aku jadi khawatir nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai beibs.. Kalau boleh tau belerang yg kamu pakai yg seperti apa? Apa sama seperti yg saya tulis pada blog? Btw, jerawat kamu tdinya seperti apa? Menurut aku sih, kalau tadinya jerawat kamu itu lg on banget alias lagi merah2 nya dipakein belerang jd item wajar sih. Seperti luka di kulit. Kalau diobati pasti akan mengering dan menghitam, selanjutnya sel kulit mati nya akan mengelupas gitu dan meregenerasi jadi sel kulit yg baru. Nah, kulit kamu yg hitam itu di area mananya. Kalau di area jerawat nya saja, berarti pas seperti yg saya bilang. Tetapi jika keseluruhan wajah menghitam, mungkin kamu perlu konsultasi ke dokter. Siapa tau ada kesalahan waktu pemakaian.

      Delete

Advertisement

@Way2themes

Follow Me