Saturday, December 19, 2020

KRITERIA YANG WAJIB DIMILIKI DATA CENTER INDONESIA YANG BERKUALITAS



    Karena pentingnya data perusahaan membuat hampir semua perusahaan, khususnya perusahaan yang sudah  berkembang besar, memilih untuk mempercayakan data center untuk menjaga keamanan datanya. Hal ini karena keamanan datanya sudah pasti terjamin. Namun, ada baiknya sebelum mempercayakan data ke data center, perusahaan wajib memilih data center Indonesia yang berkualitas.

 

Di sini, tentunya perusahaan harus memperhatikan dengan cermat tentang kriteria yang dimiliki oleh sebuah data center. Di mana kriteria tersebut digunakan sebagai acuan dalam memilih data center yang sudah berkualitas bagi perusahaan. 

 

Lalu, data center dengan kriteria apa saja bisa disebut data center yang berkualitas? Berikut ini ada beberapa kriteria wajib yang harus ada pada data center yang berkualitas.

 

4 Kriteria Wajib yang dimiliki Data Center Indonesia yang Berkualitas

 

1. Sesuai Standar Internasional

    Data center yang sesuai dengan standar internasional adalah salah satu kriteria data center Indonesia yang berkualitas. Di mana kriteria ini bisa kamu liat dari data center yang paling tidak sudah bersertifikasi Tier 3 serta data center yang memiliki  sertifikat ISO.

 

sumber : npspemuda.co.id

Kenapa demikian? Hal ini karena sertifikasi Tier 3 serta sertifikasi ISO akan memengaruhi cara kerja dari sebuah data center. Di mana cara kerja sangat memengaruhi kepuasan pelanggan yang pastinya akan berdampak pada keuntungan yang akan diperoleh perusahaan yang menggunakan data center.

 

2. Kriteria Avability

    Kriteria avability wajib melekat pada data center yang berkualitas. Dalam hal ini kriteria avability sangat berkaitan erat dengan adanya ketersediaan data center dalam memberikan pelayanan yang terus - menerus tanpa henti. Ini artinya data center harus memberikan pelayanan 24 jam penuh selama 7 hari meskipun ada bencana sekalipun.



Sayangnya, kamu harus ingat jika tidak ada yang sempurna di dunia ini. Untuk itu, data center yang berkualitas tentu pasti akan mengalami downtime. Namun, toleransi dari downtime yang terjadi sangatlah singkat.  Hal ini karena downtime bisa memengaruhi keuntungan dari perusahaan.

 

Dalam hal ini downtime ini dipengaruh oleh penggunaan sertifikasi Tier yang dimiliki data center. Di mana sudah dijelaskan di atas jika data center yang berkualitas paling tidak bersertifikat Tier 3. Di mana Tier 3 memiliki prosentase avability yang  tinggi sekitar 99,982% dengan downtime sekitar 1,6 jam dalam setahun.

 

 

3. Kriteria Flexibility dan Scalability

    Sebagai data center yang berkualitas, data center haruslah memiliki kriteria flexibility dan scalability. Hal ini karena dengan adanya kriteria tersebut data center mampu mengikuti perubahan perkembangan teknologi yang ada. Di mana teknologi berkembang terus menerus. Ini artinya akan ada pembaharuan teknologi lebih sering.

 

Dengan begitu, tidak heran jika data center akan selalu melakukan maintenance secara berkala. Untuk itu, pilihlah data center yang tidak perlu melakukan shutdown saat data center sedang melakukan maintenance. Di mana jika data center tidak melakukan shutdown saat maintenance, maka data akan terus bisa diakses.

 

4. Kriteria Keamanan

    Kriteria yang juga penting untuk memilih data center yang berkualitas adalah kriteria keamanan. Di mana keamanan ini adalah sebagai bentuk tanggung jawab dari sebuah data center dalam menjaga data perusahaan. Untuk itu, sebuah data center harus memiliki keamanan yang ganda, yaitu fisik dan non fisik.

 

sumber : cikarangindustrial.com

Keamanan yang pertama adalah keamanan fisik. Di sini, keamanan fisik dilihat dari keamanan infrastruktur atau komponen dalam data center, seperti rak data, listrik, dan sistem pendingin. Sedangkan keamanan non fisik berkaitan dengan data. Di mana data center harus memastikan data yang tersimpan aman dari mallware, pishing, malvertising, dan lainnya.

 

Nah, jika kamu menginginkan data center yang memiliki semua kriteria di atas, kamu wajib pilih NEX data center Hal ini karena layanan NEX data center sudah bersertifikat Tier 3. Hal ini artinya NEX Data center memiliki avability, flexibility, scalability, serta keamanan yang tinggi.

 





No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me