Thursday, 22 August 2013

MENDAKI GUNUNG SIBAYAK DAN GUNUNG SINABUNG DI KABUPATEN KARO

HaLLuu..
   aku tari. malam ini pengen berbagi cerita tentang hal baru yang aku sukai. apa itu? yakkk., NAIK GUNUNG. sumpah, mungkin ini kedengarannya biasa ajah bagi sebagian orang. tapi bagi aku,, ini luar biasa. why?? yakk. karena aku punya asma dan daya tahan tubuh yang lemah. :( makanya sesuatu sekali kalo orang seperti aku bisa ikutan naik gunung. tapi apa sih yang ga bisa kita lakuin selagi ada kemauan.. ya gak? :) jadi sebenernya kegiatan ini udah berlangsung beberapa bulan yang lalu. tapi baru sempat aku ceritai sekarang berhubung blog ini baru terbuka lagi. dan gunung yang pertama aku daki adalah....

SIBAYAK MOUNTAIN

Senin, 15 april 2013

   Untuk pertama kalinya aku diajak rombongan anak teater LKK Unimed naik gunung. gunung apa itu? yakk gunung sibayak. lokasinya di berastagi sekitar 2 jam dari kota medan kalo ga salah. kami pergi kesana naik kereta (sepeda motor). aku dibonceng sama kak fahmi, rafiq-kak fatia, kak mun-kak mira, nisa-shella, kak rian-bang tengik, kak tiur-kak ayu, bang ari-mahni, kak mazdah-bang ari. perjalanan dimulai jam 9 pagi kami gerak dari sanggar LKK. belum pun sampai berastagi malah berurusan sama polisi, lampu kereta mati. OMG. tapi okay lupakan. ada yang lebih seru dari itu. kami naik dan melewati jalan bebatuan. tapi ga mungkin kan naik gunung sampai atas naik kereta. jadi keretanya dititipkan di lokasi parkir pendakian. disana kami ketemu sama kak sinta anak mapala Unimed. kami makan siang dulu bareng-bareng dan jam 12 siang kami memulai pendakian. ternyata jalan menuju gunung sibayak udah tertata rapi. ada batu-batu yang disusun untuk memudahkan pendaki. pemandangannya keren. masih sebentar aku udah ngos-ngosan sesak napas. ahh, dasar payah. karena gunung sibayak termasuk gunung yang aktif jadi bau belerangnya sangat menyengat. gak banyak cerita selama perjalanan karena jalan yang yang dilalui gak terlalu terjal. kurang menarik sih menurut aku. sampai atas kami foto-foto, sebagian turun ke kawah. habis tu langsung turun karena anginnya dinginnn. eh,. pas pulangnya ketemu sama bang soleh dan liza. mereka mau ngecamp diatas rupanya. kami naik jam 12, jam 3 udah sampai bawah. sebentar kan..

ini dia rombongannya

                                     
makan siang di tempat parkir pendakian

aku n' faqot


gunung sibayak

waktu pas naik bang ari pacarnya kak mazdah sempat ngambil video perjalanan kami loh.. sebenarnya videonya ada 2 cuma yang satu lagi ga bisa diunggah. -_-

ini dia video nya. tapi ga lengkap

      pulang dari sibayak kami ke pagoda lumbini di dekat bandar baru. itu pertama kalinya aku kesana. tempatnya cantik. kata-kata orang-orang sih thailandnya medan. ahahhahah ada-ada ajah. disitu banyak patung-patung unik. tamannya letaknya dibawah. aku sempat muter-muter ditamannya bareng anak LKK tapi ga sempet masuk ke kelentengnya. soalnya udah mau tutup. udah jam 5 sih.. habis dari sana kami langsung pulang. sampai sanggar jam 7 kalo aku gak salah ingat. smuanya pada tepar. habis tu kami makan di bakso simas. 


video di pagoda lumbini


pada kecapean

makan di bakso simas


SINABUNG MOUNTAIN

Sabtu, 1 Juni 2013

     Selesai pelantikan anggota baru teater LKK Unimed angkatan 24 kami pergi ke gunung sinabung. aku lupa jumlah kami berapa orang. ranger nya bang delop sama bang raja. kami berangkat maghrib dari unimed. naik angkot turun di simpang pos. abis tu naik bus mini sinabung jaya ke berastagi. aku juga lupa kami sampai di lau kawar jam berapa. yang pastinya malam dan hujan deras. sumpah aku kedinginan. trus aku makan indomie yang dibuat sama ranger. malam itu setelah sekian lama tiba-tiba joan nelvon. jadi ditengah keramaian. aku sempat-sempatin telvonan sama joan. karena hujannya ga berenti-berenti jadi kami terpaksa nunggu karena rombongannya kebanyakan wanita. akhirnya kami berangkat jam 3 pagi walaupun hujannya belum berhenti sepenuhnya. 

     Perjalanan ke sinabung lebih menantang dari pada sibayak. medannya menurut aku 5 kali lipat dari sibayak. kita tu bener-bener akan ngelewati hutan belantara. OMG. sbelum berangkat kami berdoa bareng-bareng dan dikasih aba-aba peringatan. sumpah ini nyeremin. gelap, hutan, bulu kuduk berdiri. sepanjang jalan aku baca ayat kursi. ini beneran lohh. tangan kana megang senter. dan tangan kiri megangin tangan putri yang bolak balik terjungkal. bayangin aku pendek harus menggeret-geret putri yang tinggi. -_-
disini ada beberapa selter. untuk mecapai selter 1 itu lamaaaaaa banget. dingin. si eva aja sampe sakit, dia menggigil kedinginan. jadi kami berhenti sebentar.

berhenti sebentar waktu eva sakit.

      Kami ngelanjutin perjalanan menuju selter 2. kiri kanan hutan belantara. ada sesajen disana, gelap. becek,. takut. kami ga bisa jalan cepat-cepat karena rombongan kebanyakan wanita jadi harus tunggu menunggu. padahal tadinya kami berencana berangkat tengah malam biar bisa liat sunrise. tapi karna hujan ga jadi deh. matahari udah keluar waktu kami baru sampai di selter 2. indaaaahhhh banget. persediaan air hampir habis. kami jalan menuju selter 3. disana itu kita gag ngeliat hutan lagi. tapi tumbuhan pandan raksasa. disitu banyak pendaki yang beristirahat. disitu juga banyak sumber mata air pegunungan. jadi ranger pada ngambil air buat diminum. waktu kami mau ngelanjutin perjalanan sebagian rombongan mulai kecapean tak terhingga, jadio mereka (putri, kak biah, shella, lala, adam, dan beberapa orang lagi yang aku ga ingat) mutusin buat istirahat aja di pandan dan ga ikut naik ke puncak.

isitirahat di pandan

      Setelah selter 3 (pandan) kami menuju selter terakhir yaitu cadas. nah., ini barulah bener-bener harus mendaki. medannya terjal. batu-batu dan tidak datar. sumpah aku capekkkk kali. tapi ntah kenapa aku tetap semangat. aku terus ndaki. dan ketika aku melihat kebelakang. subhanallah., indaaahhnya. aku bisa lihat danau lau kawar dari atas sini. aku sadar ternyata aku udah jalan jauh kali. sebelum nyampek puncak aku ketemu sama rombongan anak UKM olahraga Unimed. dan ternyata waktu aku sampek atas kak fatia udah nyampek duluan. dia pertama dan aku kedua diantara wanita yang ada di rombongan kami.


subhanallah sekali kann..


waktu ngelawati cadas

aku sampai diatas.. !!!

      Sampai diatas aku langsung tepar. tertidur sebentar, bangun-bangun kelaperan karena ranger belum ada yang sampai terpaksa kami makan indomie mentah. waktu ranger datang baru lah kami makan indomie rebus sama minum teh. selanjutnya..., foto-foto.. !!




kami..

      Setelah puas foto-foto dipinggir tebing, kami bermaksud naik kepuncak yang palin tinggi. tapi tiba-tiba dikejutkan oleh sesuatu dari bawah sana. apa itu? ya ampun ada bang raja di dekat kawah sinabung. dan tau dia ngapain. dia nyusun batu ngebentuk nama aku. "tari". ngeliat itu aku jadi salting. mulai deh mereka ngeledekin. clbk.., clbk.., hahhaha ada-ada aja deh. gara-gara ulah dia anak olahraga dan LKK jadi ngeledekin aku. -_-

hasil karya "dia"

setelah itu kami naik ke puncaknya...

kami yang berhasil sampai puncak

      Puas berfoto-foto, kami langsung turun dan pulang. ternyata perjalan turun kebawah lebih berat. ditambah lagi kondisi fisik yang tidak lagi medukung karena udah terlalu capek. waktu ngelewati cadas. badan gak sanggup lagi. kak akbar ngesot. aku sama eva pun ikut-ikutan. hahahha.
sumpah capek kali, sepatu aku uda jebol-jebol. akhirnya dengan penuh perjuangan kami pun sampai dibawah. lau kawar indah nyaaa.. langsung mandi. trus makan. makan apa? kali ini agak beda sikit bukan indomie lagi tapi sarden yang dibawa rafiq sama nasi goreng yang kami beli di warung pinggir lau kawar.

makan malam

      Dan ternyata kami gak kedapatan angkutan buat pulang kemedan. karena udah lepas maghrib itu. bener-bener buat geram. ga lama datang angkot. eh, ternyata kami cuma ditumpangkan samapi berastagi didepan SPBU. kami tidur dipinggir jalan. jam 11 malam baru ada sinabung jaya lewat. diperjalanan rasa kantuk udah tak tertahankan. aku tidur, hujan deras sampai medan jam 1 malam. kami yang cewek tidur dikostan kak mazdah. sedangkan yang cowok tidur di prum UKM. besoknya baru pulang kerumah masing-masing. benar-benar perjalanan yang tak terlupakan.

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me