Saturday, February 15, 2020

CARA MEMBUAT KULIT PUTIH DENGAN BUDGET MURAH + GAK BUAT KANTONG JEBOL

Hei Beauties..

      Siapa sih yang ga mau punya kulit putih dan bersih. Pasti sebagian besar pengen banget dong yah. Tapi mengingat biaya perawatan kulit itu lumayan mahal banyak yang tidak melakukannya. Yah tidak dipungkiri sih untuk melakukan biaya perawatan bisa sampai jutaan bahkan. Maka dari itu aku mau memberi sedikit tips hemat untuk membuat kulit tampak lebih putih serta produk apa saja yang biasanya aku gunakan.

Jujur saja aku tuh emang excited banget pengen kulitku kelihatan lebih cerah. Walaupun pada dasarnya kulitku juga bisa dibilang tidak hitam. Hanya saja aku memiliki beberapa flek hitam bawaan lahir di area tubuh terutama tangan. Kemudian bulu-bulu halus yang tumbuh di area tangan, kaki dan bagian lainnya bikin kulitku gabisa sebening kaki meja. Hal itu membuat kulitku yang notabene nya berwarna kuning langsat ini jadi seperti kusam dan butek.

Tapi aku juga tidak berani untuk melakukan hal-hal seperti suntik putih, laser atau minum obat dari dalam supaya jadi putih. Jadinya aku hanya melakukan perlindungan dari luar tubuh. Kondisi aku sehari-harinya tuh menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi. Sudah tahu juga dong yah cuaca di kota Medan itu tidak bisa ditoleransi panasnya. Nah, bisa dibayangkan aku harus berada dibawah teriknya sinar matahari selama beberapa saat. Lantas apa kira-kira yang aku lakukan? 

HAL YANG DILAKUKAN UNTUK MELINDUNGI KULIT DARI SINAR MATAHARI

1. Menggunakan Alat Pelindung

        Untuk pengguna sepeda motor seperti aku, barang yang biasanya aku gunakan untuk melindungi diri dari sengatan sinar matahari adalah helm, jaket, sarung tangan, kaos kaki, masker wajah ( masker kain ). Memamng sekilas terlihat super ribet deh yah. Karena bakalan panas banget dan pengap banget badan rasanya. Tapi demi melindungi kulit dari paparan sinar matahari, aku lebih memilih mengeluarkan keringat dalam jumlah lebih. 

2. Jangan terlalu lama di bawah sinar matahari

      Mau semahal apapun skincare kamu atau sebadai dan serutin apapun perawatan kulit kamu. Tidak akan berarti banyak jika kamu terlalu lama berada dibawah paparan sinar matahari. Apalagi kalau sama sekali tidak menggunakan pelindung apapun. Nah, lain cerita jika sehari-hari nya aktivitas kamu memang berada di out door. Usahakan melakukan tindakan pencegahan yah dari pada hanya sekedar mengobati.

3. Banyak Minum Air Putih

     Kelihatan sepele banget kan yah, padahal sebenarnya ini tuh termasuk penting banget. Air minum yang kita kosumsi memang tidak secara langsung menuju ke kulit namun efeknya dapat menghidrasi tubuh secara umum. Sehingga dapat membuat kulit terasa lembab dan tidak kering. Untuk hasil yang maksimal minumlah air sebanyak 2 Liter / hari. atau sekitar 8 gelas. Kamu bisa melakukannya dengan caraku yaitu :

1 gelas : bangun tidur
1 gelas : selesai sarapan
1 gelas : jam 10/11 pagi
2 gelas : selesai makan siang
2 gelas : selesai makan malam
1 gelas : sebelum tidur malam


PRODUK YANG DIGUNAKAN UNTUK PERLINDUNGAN 

1. Body Scrub

    Nah biasanya aku memulai ritual pemakaian produk dari sini. Sejak remaja atau saat duduk dibangku sekolah aku  sudah terbiasa menggunakan Body Scrub. Selain bikin kulit jadi lebih halus penggunaan Body Scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit jadi lebih cerah. Produk Body Scrub yang sudah aku pakai sejak dulu adalah dari brand Purbasari. Body Scrub yang aku pakai saat ini ada 2 yaitu ERHA TRUWHITE ACTIVATOR BODY SCRUB dan PURBASARI LULUR MANDI SUSU. ERHA ini aku rekomen banget buat kamu yang punya jenis kulit sensitif .

Dua Body Scrub ini memiliki harga yang bertolak belakang. Untuk ERHA harganya sekitar Rp. 199.000,- aku juga sudah pernah buat reviewnya disini. Kemudian Purbasari harganya murah banget, sekitar Rp 17.000,- - 20.000,- . Buat kamu yang punya kulit kusam, bersisik, kering wajib banget pakai body scrub karena efek jangka panjangnya bagus banget dikulit kamu. Oh iya, gunakannya sebelum kamu mandi atau sewaktu mandi yah. Beberapa body scrub bahkan ada yang diformulasikan sebagai pengganti sabun. Untuk masalah harga, kamu hanya tinggal menyesuaikan dengan budget  kantongmu.



2. Body Wash

     Untuk sabun mandi aku menggunakan dua jenis sabun yaitu batang dan cair. Kalau lagi punya banyak waktu aku pakai dua-duanya. tapi kalau lagi buru-buru aku hanya pakai sabun cairnya saja. Nah, langkah-langkahnya pertama setelah badan dibasahi dengan menggunakan air, aku pakai sabun cair kemudian diamkan selama 3 menit lalu dibilas. Kemudian setelahnya aku barulah menggunakan sabun batang dan didiamkan selama 3-4 menit juga sampai busa menghilang lalu dibilas.

Sabun cairnya aku pakai dari brand SHINZUI. Aku pilih yang varian Kirei. Shinzui ini aromanya aku suka banget dan saat pengaplikasiannya aku menggunakan sponge agar busa lebih melimpah. Sembari membersihkan sisa-sisa kotoran yang melekat dibadan.  

Untuk sabun batangnya aku pakai sabun PAPAYA WHITENING SOAP. Sabun ini memiliki kandungan Ekstrak Pepaya, Sunscreen, vitamin A, C dan E yang dapat membantu membuat kulit terasa lembut, halus dan kenyal. Sabun Papaya ini cara pemakaiannya aku potong menjadi 4 bagian. Setiap bagiannya bisa dipakai sampai 10 hari untuk pemakaian pagi dan sore. Jadi dalam 1 buah ukuran yang utuh, kira-kira bisa bertahan satu bulan lebih. cukup hemat kan. by the way, jangan sampai salah beli yah soal nya yang sabun buat wajah kemasannya juga seperti ini.

Shinzui : Rp. 33.000,-
Papaya Whitening Soap : Rp.13.000,-




3. Serum and Body Lotion

     Dari sekian banyaknya perjalananku mencari body lotion akhirnya aku menemukan satu rangkaian Serum & Body Lotion dari brand NIVEA. Nivea sendiri memiliki banyak varian dari rangkaian tersebut. Dan yang menjadi tambatan hatiku adalah varian instan glow. yah NIVEA INSTANT GLOW adalah dua produk yang selalu aku gunakan sudah sejak awal tahun 2019 ini. Aku suka banget sama rangkaian ini karena benar-benar nyata hasilnya meskipun berproses.

di Pagi hari setelah selesai mandi aku biasa menggunakan body lotionnya. Tekstur dari lotion ini cukup lembut dan mudah meresap. Selain itu varian instant glow ini memiliki efek cerah seketika. dan mampu melindungi serta melembabkan kulit. Misalnya saja saat pemakaian pada pagi ataupun malam hari. ketika hendak mencuci tangan beberapa jam setelahnya body lotion ini seperti luntur sehingga terkesan melapisi kulit tangan memberikan perlindungan dari luar tubuh.

Sedangkan pada malam harinya, aku menggunakan serum instant glow nya. Serum memiliki tekstur yang daya serapnya lebih tinggi dibandingkan lotion. Pada malam skincare bekerja lebih cepat dibandingkan pada saat siang hari. Maka penggunaan serum pada malam hari salah satu hal yang tepat.

Body Serum : Rp. 40.500,- ( harga berbeda di setiap toko )
Body Lotion : Rp. 22.500,-




4. Sunscreen/Sunblock

     Tahu kan kalau sekarang tuh sinar matahari jahat banget buat kulit kita.. Nah salah satu hal yang kita harus lakukan adalah melindunginya. Penggunaan sunscreen atau sunblock itu penting banget loh. Kemudian penggunaan tabir surya ini sistemnya retouch alias butuh pengulangan. Dari beberapa informasi yang aku baca dan ketahui sistem retouch pada sunscreen itu tergantung seberapa tinggi SPF ( Sun Protection Factor ) nya.

Lantas apasih bedanya Sunscreen dengan Sunblock ? Perbedaan produk ini bisa dilihat dari teksturnya. Tekstur susncreen itu lebih cair dan transparan alias tidak kasat mata saat diaplikasikan. Sehingga after pemakaian warna kulit tetap terlihat seperti biasanya. Sedangkan sunblock memiliki tekstur lebih kental dan biasanya berwarna putih susu. After pemakaian biasanya tekstur kulit akan terlihat lebih cerah.

Kemudian untuk SPF nya sendiri, aku rekomendasikan untuk menggunakan SPF 30 sampai 50 untuk penggunaan sehari-hari. untuk Dan aku juga biasanya akan retouch 4 jam sekali untuk penglangannya. Untuk sehari hari sih aku biasanya menggunakan sunscreen EMINA SUN PROTECTION SPF 30 PA +++ . Nah, sunscreen ini tuh murah banget harganya dan finishingn
ya juga lumayan. hanya saja aku ga pakai ini di wajah, karena kulit wajah aku tuh dasarnya sudah berminyak.


Perlu diketahui nih, semakin tinggi SPF nya, maka semakin berminyak lah finishing nya jika digunakan. Jadi untuk wajah biasanya aku akan menggunakan sunblock/suncare dari JA SUNCARE BY JA GLOW. Aku suka pakai sunblock ini karena hasilnya itu matte dan kulit aku kelihatan lebih cerah alami.

Emina Sun Protection : Rp. 23.000,-
JA Suncare : Rp. 100.000,-



HASIL PEMAKAIAN


Pemakaian pada kedua tangan

Pemakaian pada kedua kaki

Hasil tersebut aku dapatkan setelah pemakaian kurang lebih satu setengah bulan. Untuk Nivea Instant Glow sendiri, sudah aku gunakan selama kurang lebih satu tahun. Dan hasilnya itu nyata banget. Hanya saja untuk pemakaian produk - produk ini butuh kesabaran yah.. karena hasilnya itu berproses tidak instant. Kemudian kamu jadi harus lebih banyak mengorbankan waktumu, terutama di kamar mandi.

  Nah, jadi beberapa diantara produk-produk yang aku rekomendasikan ada yang harganya murah dan mahal. Kamu hanya tinggal mengkondisikannya dengan budget kantong kamu saja. Overall, lebih dari itu hal yang paling penting yang kamu harus lakukan adalah "bersyukur". Yups, dengan mensyukuri keadaan kamu, bagaimana kondisi kulit kamu pasti akan membuat kamu lebih percaya diri. Jangan jadikan segala sesuatunya menjadi sebuah obsesi yang berlebihan. Nah aku sendiri mensyukuri apa yang sudah Allah kasih sama aku dengan cara merawatnya.




Follow me on :

Fanpage : Miss Tariita
Instagram : @misstariita
Twitter : @tariitaas
Email : misstariita@gmail.com

No comments:

Post a Comment

Advertisement

@Way2themes

Follow Me